Pesona Mangrove Munjang Kurau Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Desa - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Rabu, Juli 04, 2018

Pesona Mangrove Munjang Kurau Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Desa

INRADIOFM.COM, BANGKA TENGAH - Peran serta masyarakat dalam menjaga lingkungan dari kerusakan alam menjadi sangatlah penting, menyadari hal tersebut memotivasi sekelompok masyarakat untuk menjadikan kawasan yang sebelumnya belum memiliki nilai jual ekonomi menjadi suatu tempat yang bermanfaat bagi masyarakat.

Kawasan Hutan Mangrove yang berada di Desa Kurau Kecamatan Koba ini, sebelumnya bukanlah apa-apa. Dengan kesadaran tinggi masyarakat di sekitar kawasan Mangrove
didalam memaknai betapa pentingnya kelangsungan habitat di dalam ekosistem, merubah kawasan kritis menjadi tempat observasi dan wisata, sehingga berkembang dan menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi masyarakat luas.

Hal ini disampaikan Ketua Pelopor Kawasan Mangrove Yasir, kepada awak media nasional dan lokal ketika kegiatan kunjungan Jurnalistik dalam rangka Program Perhutanan Sosial Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, di Kawasan Mangrove Munjang, Kurau Barat, Rabu (4/7/2018).

"Kawasan Munjang ini telah dirintis sejak 2004 silam, selain sebagai konservasi dan pembibitan Mangrove, kawasan ini semakin ramai dikunjungi pengunjung lokal maupun luar daerah dan telah menjadi destinasi wisata di Bangka Belitung," terang Yasir.

Saat ini, jumlah pengunjung yang datang pada saat hari libur dapat berkisar 1000 hingga 2000 orang. Untuk dapat menikmati keindahan alam dan tempat konservasi wisata alam Mangrove Munjang ini, pengunjung harus mempergunakan perahu kecil yang dapat memuat penumpang berjumlah lima hingga tujuh orang, untuk dapat melewati alur sungai muara sambil menikmati kerumunan pohon mangrove sepanjang perjalanan dengan waktu tempuh kurang dari 15 menit.

Menurutnya, kelompok masyarakat telah mendapatkan izin pengelolaan areal seluas 213 hektare dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan untuk sementara yang diolah baru seluas 3 Hektare dan berharap kedepannya lokasi ini dapat terus berkembang untuk meningkatkan masyarakat menjadi lebih produktif, dan mendapatkan penghasilan sehingga  mencapai kesejahteraan ekonomi masyarakat . ( Erwin ).

Tidak ada komentar: