Progres Perhutanan Sosial Babel capai 17.152,79 Hektar - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Rabu, Juli 04, 2018

Progres Perhutanan Sosial Babel capai 17.152,79 Hektar

INRADIOFM.COM, Pangkalan Baru BANGKA TENGAH - Kepala Balai Perhutanan Sosial wilayah Sumatera, Sahala Simanjuntak mengatakan, bahwa progres perhutanan sosial (PS) di Babel sejak 2014 hingga Mei 2018, mencapai 17.152,79 hektar. Hal ini dikatakannya, dianggap masih rendah dibandingkan perhutanan sosial yang ada di wilayah sumatera lainnya.

"Di Babel karena memang daratannya sedikit sehingga realisasi masih sedikit, tantangan di Babel karena provinsi kepulauan, tingkat tapak dan komunikasi kurang, kemudian belum terpetakan nya pendamping yang mempunyai pengalaman dan pemahaman yang cukup," bebernya, dalam pembukaan kunjungan jurnalistik, perhutanan sosial, di Hotel Santika, Selasa (3/7/2018) malam. 

Ia menilai, kebijakan pemerintah semakin lama semakin baik, dan tahun ini lebih berperan masyarakat untuk bisa mendapatkan sesuatu dan bisa memfasilitasi mengajak masyarakat serta anak muda untuk bisa berperan.

Kabid pengelolaan DAS dan pemberdayaan masyarakat Dinas Kehutanan (Dishut) Babel, Susana merinci, untuk di Babel perhutanan sosial tercatat seluas 18.537,24 hektar, yang terdiri dari hutan desa (HD) 2.214 hektar, Hutan Kemasyarakatan (HKM) 10.052 hektar, dan Hutan Tanaman Rakyat (HTR) 6.271,24  hektar.

"Kami akan bekerjasama dengan Pokja untuk memanfaatkan hutan, kemudian memberdayakan hutan yang rusak dengan melibatkan partisipasi masyarakat di sekitar kawasan hutan, sehingga akan meningkatkan ekonomi masyarakat," tukasnya.

Melalui perhutanan sosial, kata dia, bisa melakukan pemanfaatan dengan tepat dan sesuai dengan  tujuan utama pengelolaan hutan lestari dan bermanfaat bagi masyarakat.

Di Babel, tambah Susan, perhutanan sosial dengan pola kemitraan, masih belum bisa berjalan lancar, karena masih menyisakan konflik. (Nita)

Tidak ada komentar: