Tim Gabungan Pendataan Penduduk Segera Dibentuk - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Kamis, Juli 19, 2018

Tim Gabungan Pendataan Penduduk Segera Dibentuk

INRADIOFM.COM, Manggar, BELTIM Dalam rangka persiapan pemilihan presiden dan legislatif, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menggelar rapat fasilitasi pemuktahiran data penduduk pendatang yang dipimpin Wakil Bupati Beltim Burhanudin, di ruang rapat bupati beltim, Kamis (19/7/2018).

Pada rapat koordinasi ini lebih menekankan pentingnya pengawasan terhadap penduduk pendatang, mulai dari warga yang berada di kawasan hutan, tempat hiburan, tambang ilegal dan di kawasan yang jauh dari pemukiman penduduk.

Dalam rapat tersebut Wabup Beltim Burhanudin mengatakan pemuktahiran data penduduk sangat penting untuk meningkatkan kualitas akurasi data kependudukan . Untuk itu diharapkan seluruh pihak hingga para camat, kades dan RT turut mensukseskan pemuktahiran data yang dilaksanakan.

"Jangan sampai ada warga yang tidak terdaftar. Kita harus segera membentuk tim gabungan dari semua unsur untuk mendata penduduk pendatang, lakukan pendekatan untuk mengantisipasi dan mendeteksi dini agar mereka terdata dengan benar," kata Burhanudin yang akrab disapa Aan.

Rapat tersebut dihadiri Komisioner KPU Beltim, Forkopimda, Danramil Manggar, Danpos AU, pihak Polres Beltim, para camat dan para kades se Beltim.

Dalam kesempatan itu, Danramil Manggar Mayor Inf Trijoyo menyetujui dibentuknya tim gabungan untuk pendataan penduduk pendatang, namun perlu diwaspadai adanya kerawanan jelang pemilu.

"Kami setuju dibentuknya tim pendataan pemilu, namun perlu diingat kegiatan ini bukan penertiban, tim ini harus lakukan pendekatan dari RT/RW kepada warganya. Untuk itu saya minta petugas di wilayahnya masing-masing untuk mengenali benar warganya," ungkap Trijoyo.

Sementara itu Kades Dendang Erwin mengungkapkan  di desanya terdapat 41 KK dengan jumlah 148 jiwa namun tidak sedikit warga pendatang dikampungnya yang tidak terdata.

"Setelah pendataan di desa kami, masih ada puluhan warga pendatang yang tinggal di hutan yang tidak terdata," kata Erwin.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Beltim Ernadi mengatakan pihaknya sudah melakukan penyisiran ke desa-desa untuk mendata ulang penduduk, namun pihaknya terus menindaklanjuti  warga yang belum terdata untuk didata karena masih ada waktu untuk mendata penduduk. (HK)

Sumber : Vera Diskominfo Beltim

Tidak ada komentar: