10 Hari Pendaftaran Dibuka, Quota Babel Run Hampir Penuh - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Selasa, Agustus 07, 2018

10 Hari Pendaftaran Dibuka, Quota Babel Run Hampir Penuh

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Event sport tourism "Babel Run 2018" yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 29 September 2018 mendatang, disambut dengan animo yang tinggi dari masyarakat ataupun wisatawan. Hal ini terbukti, baru genap 10 hari pendaftaran dibuka, jumlah peserta yang mendaftar sudah lebih dari 1.000 orang. Hal ini dilaporkan 2 nara hubung kegiatan Babel Run, Anugerah Gusta Prima dan Rafiq Elzan.

Pada hari Senin (6/8/2018) siang, sekitar pukul 11.39 WIB, kedua nara hubung melihat jumlah peserta yang sudah mendaftar di portal resmi Babel Run, yakni www.babelrun.com mencapai 1.025 orang. Jumlah ini merupakan jumlah total dari kedua kategori, yaitu 10K dan 21K. Untuk 10K sebanyak 842 orang peserta, dan untuk 21K sebanyak 183 orang peserta.

"Kemarin kita lihat angka jumlah pesertanya sekitar 1.025, jam 11.39 WIB. Jumlah tersebut untuk 2 kategori, 842 orang untuk 10K dan 183 orang untuk yang half marathon atau 21K. Sementara quota berjumlah 1.500. Jadi siapa saja yang mau ikut, jangan sampai ketinggalan," kata Anugerah atau yang biasa disapa GP.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel), Rivai menilai penyelenggaraan Babel Run mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat.

"10 hari pendaftaran dibuka, jumlah peserta yang mendaftar pada event sport tourism, Babel Run 2018 sudah mencapai lebih dari 1.000. Angka yang fantastis mengingat Babel Run baru akan dihelat pada 29 September mendatang," nilai Rivai.

Hal senada juga disampaikan Arie Primajaya, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata bahwa respon masyarakat dapat dilihat dari animo masyarakat yang ingin mengikuti lomba lari bertaraf nasional ini. Tidak hanya masyarakat Bangka Belitung, tapi juga masyarakat luar Bangka Belitung.

"Babel Run ini tidak hanya ditunggu-tunggu oleh masyarakat kita, tapi juga masyarakat luar Bangka Belitung. Terbukti, belum genap sebulan pendaftaran dibuka, jumlah peserta sudah hampir memenuhi quota," kata Arie.

Arie mengatakan penyelenggaraan event kepariwisataan berskala besar merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Dalam hal ini Babel Run, dimana para peserta yang kemungkinan tidak hanya berasal dari Bangka Belitung saja, akan sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini. Selain berolahraga, para peserta juga dapat menikmati potensi pariwisata Bangka Belitung.

"Melihat animo masyarakat terhadap Babel Run ini, kita berharap dapat mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Bangka Belitung. Dalam Babel Run, bukan hanya semangat olahraga yang bisa dirasakan, tapi juga semangat untuk melihat-lihat pesona alam Bangka Belitung yang sudah sangat dikenal keindahannya," katanya.

Selain itu, Arie menjelaskan bahwa penyelenggaraan event yang berkaitan dengan human interest akan sangat menarik bagi masyarakat atau pun wisatawan. Dan olahraga tentu saja menjadi kebutuhan banyak orang untuk menjaga kebugaran dan tidak membutuhkan biaya besar.

"Event skala besar akan lebih mudah menarik perhatian wisatawan, tapi tentu saja harus pintar-pintar event apa yang akan dibuat. Harus berkenaan dengan human interest akan semakin menarik bagi masyarakat atau pun wisatawan. Salah satunya, Babel Run ini," jelasnya.

Event lomba lari yang semula bernama Babel 10K ini adalah penyelenggaraan kedua. Penyelenggaraan yang pertama tahun lalu, berjalan dengan sukses. Mengingat tahun lalu animo masyarakat begitu tinggi, sehingga tahun ini panitia meningkatkan jumlah peserta dengan menambah kategori dan beberapa kelas usia.
Tahun ini, dengan nama Babel Run, panitia menyediakan 2 kategori, yakni 10K dan half marathon atau 21K. 

Pendaftaran dibuka secara online melalui www.babelrun.com. Panitia menyediakan 2 nara hubung jika ada yang ingin ditanyakan oleh para calon peserta, yakni Anugrah Gusta Prima (0853.8208.9911) dan Rafiq Elzan (081995.222223).

Pendaftaran akan ditutup secara otomatis jika jumlah peserta sudah memenuhi quota, yakni 1.500 peserta. Bagi masyarakat yang tidak dapat mengikuti Babel 10K tahun lalu dikarenakan quota yang sudah penuh, dapat mengikuti Babel Run di tahun ini. (EA_HK)

Penulis : Ernawati Arif (Prahum Disbudpar Babel)
Sumber : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Editor : Heri Kurniawan (In Radio)

Tidak ada komentar: