Kadishub Babel : Pelajar Ujung Tombak Keselamatan Berlalulintas - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Rabu, Agustus 01, 2018

Kadishub Babel : Pelajar Ujung Tombak Keselamatan Berlalulintas

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyelenggarakan seleksi pelajar pelopor keselamatan lalu lintas tingkat Provinsi, yang nantinya akan mewakili Bangka Belitung dalam pemilihan pelajar pelopor tingkat Nasional.

Kepala Dinas Perhubungan Kepulauan Bangka Belitung, K.A Tajuddin menyampaikan, penyelenggaraan seleksi pelajar pelopor keselamatan lalu lintas ini merupakan salah satu upaya untuk memotivasi pelajar, agar dalam kondisi apapun tetap mematuhi ketentuan-ketentuan dan peraturan  perundang-undangan lalulintas.

"Kita perlu memotivasi para pelajar dengan hal-hal positif seperti ini, agar mereka juga lebih paham mengenai ketentuan yang berlaku saat di jalanan," ujarnya.

Ia berharap, pelajar pelopor yang mengikuti proses seleksi ini diharapkan dapat menjadi tauladan bagi teman-temannya, keluarganya, dan lingkungannya, dalam mematuhi peraturan lalulintas.

"Kita harap mereka bisa menjadi pelopor bagi lingkungan mereka untuk lebih memahami aturan yang berlaku seperti mentaati rambu-rambu lalulintas, kewajiban memakai helm, kewajiban utk tidak menelpon ketika sedang berkendaraan dan lain-lain," harap Tajuddin.

Dikatakannya, kepatuhan dan ketaatan atas ketentuan peraturan perundang-undangan lalulintas, menjadi salah satu perilaku nyata yang dapat mengurangi angka kecelakaan yang terjadi di jalan umum. Mengingat di wilayah Bangka Belitung, angka tingkat kecelakaan lalulintas yang cukup tinggi. 

"Tingkat kecelakaan lalulintas di Babel ini rata-rata termasuk kecelakaan lalulintas yang fatal, artinya kecelakaan lalulintas yang mengakibatkan kematian," tuturnya.

Menurutnya, para pelajar pelopor keselamatan berlalulintas ini, dapat menjadi ujung tombak didalam upaya menekan terjadinya lakalantas di Bangka Belitung. Dikarenakan mereka sudah dibekali beberapa materi seputar undang-undang berlalulintas. Undang-undang tersebut, harus dapat dipahami, dimengerti dan kemudian dijalankan sebagaimana mestinya.

Menurut rencana, pemenang dari seleksi pelajar pelopor keselamatan lalulintas tingkat Provinsi yang diikuti oleh 30 orang utusan dari Kabupaten/Kota di Bangka Belitung ini, akan mewakili Bangka Belitung dalam ajang yang sama di tingkat Nasional, yang akan digelar pada bulan oktober 2018 mendatang di Jakarta. (Nta_HK)

Penulis : Tri Dianita || editor : Heri Kurniawan 

Tidak ada komentar: