KPID Babel : Idealnya, Setiap KPID Sudah Memiliki Peralatan Pengawasannya - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Rabu, Agustus 29, 2018

KPID Babel : Idealnya, Setiap KPID Sudah Memiliki Peralatan Pengawasannya

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rusdiar mengatakan, keberadaan lembaga penyiaran memiliki peran sangat strategis menangkal sebaran berita Hoax yang masif terjadi akhir - akhir ini di Indonesia. Hal tersebut disampaikannya, dalam wawancara eksklusif di program Cerudik In Radio, Selasa (28/8/2018) malam.

Rusdi menambahkan, melalui produk jurnalistiknya dalam kemasan pemberitaan - pemberitaan yang objektif dan berimbang, masyarakat lebih diuntungkan karena dengan mudah mendapatkan nutrisi informasi yang tepat dan valid tentang apa terjadi disekitarnya dan  dengan sendirinya dapat merespon secara positif pula. 

" Media memiliki peran besar mencerdaskan anak bangsa. Kita berharap, kawan - kawan dimedia baik itu tv ataupun radio, bisa tetap pada koridornya dengan pemberitaan yang akurat dan berimbangnya selama ini," ungkapnya.

Saat ditanya, sejauh mana pola pengawasan KPID Babel terhadap media - media penyiaran di Babel. Rusdi mengatakan, pihaknya dengan segala keterbatasan yang ada lebih intens pada sosialisasi dilapangan tentang P3 SPS (Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran) dalam bentuk In House Training kepada lembaga penyiaran publik yang ada di Bangka Belitung.

" Dengan segala keterbatasan kami, saat ini kita fokus pada sosialisasi seperti apa standar penyiar yang baik dan benar dilapangan. Atau yang kita kenal dengan P3SPS. Terutama kepada lembaga penyiaran di Babel dalam bentuk In House Training," jelasnya.

" Idealnya disetiap KPID di Indonesia, sudah memiliki peralatan pemantau konten siarannya. Namun berhubung keterbatasan anggaran, KPID Babel belum ada. Namun, mudah - mudahan, tahun 2019 dapat dianggarkan berkat dukungan oleh wakil rakyat kita di DPRD Provinsi dan Pemprov Babel," terangnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Wakil Gubernur Bangka Belitung, Abdul Fatah pada hari senin (27/8/2018) telah melantik tujuh anggota komisioner baru KPID Bangka Belitung masa bhakti 2018 - 2021. Diantaranya adalah Rusdiar, M. Adha Qodri, Febri Aginta Ginting, Imam Ghazali, Izhar Yulia dan Bagong Susanto. (AB)

Tidak ada komentar: