Peringati HUT Kota Manggar ke-147, Disbudpar Beltim Akan Gelar Batik Beltim Fashion Show - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Kamis, Agustus 16, 2018

Peringati HUT Kota Manggar ke-147, Disbudpar Beltim Akan Gelar Batik Beltim Fashion Show

INRADIOFM.COM, Manggar BELTIM - Untuk memperingati HUT Kota Manggar yang ke-147 tahun, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur (Disbudpar Beltim), menggelar rangkaian kegiatan untuk memeriahkannya.

Disbudpar Beltim akan menyelenggarakan kegiatan fashion show dengan mengangkat salah satu kekhasan dari Belitung Timur, yakni batik. Disamping itu, batik Belitung Timur juga menjadi salah satu unsur pendukung potensi pariwisata Belitung Timur.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur, Evi Nardi mengatakan, event ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT Kota Manggar ke-147, yakni pada 9 Oktober mendatang.

"Batik Beltim Fashion Show ini merupakan bagian dari Beltim Fashion Carnaval yang diselenggarakan dalam rangka hari jadi Kota Manggar yang ke-147. Tanggal penyelenggaraannya juga bertepatan dengan tanggal lahir Kota Manggar, yakni 9 Oktober 1871," kata Evi yang diwawancarai melalui sambungan telepon, Selasa (14/8/2018).

Ia berpesan agar event ini dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, termasuk bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi.

"Kita harus mempersiapkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, agar essensi kegiatan ini dapat sampai kepada masyarakat. Kita ingin masyarakat Belitung Timur khususnya, memiliki kesadaran bahwa batik memiliki nilai seni budaya yang tinggi dan dapat membantu perekonomian masyarakat," kata Evi.

Disamping itu, ia mengaku, Disbudpar Beltim juga berencana melakukan koordinasi dengan Disbudpar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terkait penyelenggaraan event ini.

"Kita juga berencana akan berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi, terkait hal-hal apa saja yang dapat mereka bantu, mungkin dari pendanaan, promosi, atau sponsor-sponsor lainnya," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan mengirimkan surat keikutsertaan atau partisipasi ke daerah lain.

"Kita mengupayakan agar fashion show batik khas Beltim ini dapat diikuti oleh peserta dari daerah lain, agar lebih semarak dan semakin bervariasi batik-batik yang akan ditampilkan nantinya," tambahnya.

Para peserta akan memperagakan berbagai desain busana yang terbuat dari batik khas Beltim di atas panggung, layaknya model.

Dikatakannya, peserta dapat berkreasi dengan batik khas Belitung Timur itu dalam berbagai bentuk desain busana. Model desainnya bebas, berdasarkan kreativitas peserta masing-masing.

"Bagi masyarakat yang ingin ikut serta dalam fashion show, dapat menghubungi 2 (dua) nara hubung, yakni Frans (087797663688) dan Nanda (081809415778)," terangnya. (Erna_HK)


Penulis : Ernawati Arif (Prahum Disbudpar Babel)
Editor : Heri Kurniawan
Foto : Hardinata
Sumber : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Tidak ada komentar: