Ratusan Perempuan di Beltim Hadiri Seminar Kanker Organ Reproduksi - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Kamis, Agustus 02, 2018

Ratusan Perempuan di Beltim Hadiri Seminar Kanker Organ Reproduksi

INRADIOFM.COM, Manggar, BELTIM - Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza menyambut baik seminar mengenai edukasi kanker organ reproduksi wanita dengan menghadirkan Dr. Toto Imam Soeparmono, SpoG, K. Onk, salah seorang ahli kanker Indonesia dan dihadiri ratusan kaum perempuan di ruang pertemuan A1 Samak Manggar, Kamis (2/8/2018).

Bupati Beltim Yuslih Ihza mengatakan pelaksanaan seminar tersebut manfaatnya sangat positif karena bisa memberikan pemahaman yang baik bagi masyarakat terutama kaum perempuan. Menurutnya, penyakit kanker dapat menyerang siapa saja, tanpa memandang usia. Karena itu, kaum perempuan perlu mengetahui berbagai hal agar terhindar dari penyakit berbahaya itu.

"Kanker merupakan penyakit yang dapat menimpa semua orang. Hingga saat ini pengetahuan masyarakat dinilai masih minim mengenai kanker kandungan, kanker serviks dan kanker payudara. Karena itu seharusnya perempuan bisa secara rutin melakukan pemeriksaan dini sebagai langkah antisipasi," kata Yuslih.

Dokter Toto Imam mengatakan bahwa sangat penting kaum perempuan mengenali gejala dengan melakukan deteksi dini kanker yang menyerang organ reproduksi wanita seperti indung telur (ovarium), rahim, leher rahim (serviks) dan payudara. Karena dengan pendeteksian dini pengobatan kanker dapat diobati.

Dijelaskannya, pemicu utama kanker adalah tumbuhnya sel-sel perusak yang menggerogoti organ tubuh manusia. Penyebabnya bisa dipicu  dari makanan yang mengandung zat berbahaya dan masuk ke tubuh manusia seperti pewarna buatan, formalin dan asap rokok yang dapat memicu percepatan perkembangan sel kanker tersebut.

"Salah satu faktor penyebabnya adalah makanan yang mengandung zat berbahaya yang menjadi cikal bakal kanker. Jangan kita ragu untuk segera berobat bila menemukan tanda-tanda yang mengarah pada kanker," ujar Toto.

Dokter Toto Imam menghimbau agar masyarakat dapat sering-sering mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang sehat dan menghindari makanan yang mengandung zat berbahaya dan asap rokok.

Di sisi lain Ketua Cancer Information & Support Center (CISC) Aryanthi Baramuli mengatakan, seminar dilaksanakan agar masyarakat khususnya wanita lebih meningkatkan kesadaran diri untuk melakukan pengecekan terhadap kesehatan khususnya bagian reproduksi untuk mencegah penyakit kanker.

"Seminar ini dilakukan agar kaum perempuan dapat mengenali gejala kanker dan cara mendeteksi dini. Ada beberapa cara untuk mendeteksi kanker serviks yaitu dengan tes IVA dan pap smear. Bila ada gejala, segera berobatlah ke dokter," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kabupaten Beltim Yulhaidir mengatakan pihaknya dan puskesmas sudah melakukan sosialisasi dan pemeriksaan secara berkala ke desa-desa se-Beltim.

"Kita masih terus melakukan sosialisasi ke desa-desa dan melakukan pemeriksaan secara berkala. Kondisinya saat pemeriksaan banyak yang malu. Hal inilah kita berikan pemahaman tentang pentingnya pemeriksaan dini," kata Yulhaidir. (ver_HK)

Sumber : Diskominfo Beltim

Tidak ada komentar: