Selain Batik Fashion Show, Disbudpar Beltim Juga Akan Gelar Pelangi Warna Warni Festival - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Jumat, Agustus 17, 2018

Selain Batik Fashion Show, Disbudpar Beltim Juga Akan Gelar Pelangi Warna Warni Festival

INRADIOFM.COM, Manggar BELTIM - Masih dalam rangka memperingati hari lahir Kota Manggar yang ke-147 tahun, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur akan menyelenggarakan fashion carnaval, yakni Pelangi Warna Warni, pada 10 Oktober 2018 mendatang. Sama seperti Batik Beltim Fashion Show, Pelangi Warna Warni juga merupakan bagian dari Beltim Fashion Carnaval 2018.

Kepala Disbudpar Beltim, Evi Nardi mengatakan bahwa Pelangi Warna warni tak kalah bagusnya dengan fashion carnaval yang diselenggarakan di daerah-daerah lain.

"Belitung Timur punya Pelangi Warna Warni, yakni fashion carnaval dengan memperagakan berbagai kostum yang dibuat semenarik mungkin. Pelangi Warna Warni dapat dimaknai dengan keberagaman seni budaya yang ada di Pulau Belitung, khususnya Belitung Timur" kata Evi saat diwawancarai melalui sambungan telepon, Selasa (14/8/2018) lalu.

Berbeda halnya dengan Batik Beltim Fashion Show, dimana para peserta memperagakan busana batik khas Beltimnya di atas panggung catwalk, pada fashion carnaval yang telah digalakkan sejak 2011 ini, peserta akan berjalan atau berkarnaval di jalan raya dengan mengenakan kostum-kostum tematik yang unik dan menarik.

Sebelum tampil, para peserta mempersiapkan kostum-kostum mereka yang terbuat dari berbagai jenis bahan yang dibutuhkan. Kostum dibuat sesuai dengan tema yang telah ditentukan, yakni Budaya Nusantara dan Flora Fauna. kostum dikreasikan sedemikian rupa, sehingga unik dan menarik sesuai dengan kreativitas masing-masing peserta.

Para peserta parade atau karnaval akan melewati jalan-jalan protocol Kota Manggar dengan mengambil garis start di Lapangan Yagor, dan rute melewati Puncak – Dispensasi – Pasar – Jalan Bioskop Mega, serta finish di Tugu 100 Warkop.  

Barisan parade ini selalu dipadati masyarakat Belitung Timur dan sekitarnya. Disamping itu, parade kostum ini juga menjadi daya tarik, tidak hanya bagi wisatawan nusantara yang sedang berkunjung ke Belitung Timur tapi juga wisatawan mancanegara.

Evi melanjutkan, diselenggarakannya event ini untuk menarik minat masyarakat dan wisatawan, serta turut berpartisipasi.

"Dengan Pelangi Warna Warni ini, kita ingin menarik minat baik masyarakat yang ada di Belitung Timur dan sekitarnya, dan juga yang di luar Belitung Timur untuk ikut berpartisipasi menampilkan hasil karyanya dalam bentuk desain kostum yang khas dan menarik," lanjutnya.

Berbagai event kepariwisataan, seperti sejumlah kegiatan yang merupakan bagian dari Beltim Fashion Carnaval, menjadi upaya dalam rangka mempromosikan otensi pariwisata Belitung Timur. Berbagai kekhasannya dibuat dalam berbagai kegiatan kepariwisataan yang menarik bagi wisatawan.

"Kegiatan-kegiatan kepariwisataan seperti Batik Beltim Fashion Show dan Pelangi Warna Warni bukan hanya peragaan atau pawai kostum semata, tapi merupakan upaya untuk mempromosikan potensi pariwisata Belitung Timur. Kita libatkan keikutsertaan masyarakat dan juga wisatawan, upaya potensi itu dapat dikenal oleh banyak orang," katanya.

Tidak hanya memeriahkan HUT Kota Manggar, Pelangi Warna Warni juga biasa diselenggarakan pada saat penyelenggaraan Sail Indonesia, yang menjadi salah satu moment yang tepat bagi kepariwisataan Belitung Timur.

Peranciscus Aryanto, Kepala Seksi Kelembagaan Kepariwisataan mengatakan bahwa moment yang tepat akan memberikan keuntungan jika dimanfaatkan dengan bijaksana. Seperti halnya pelaksanaan Pelangi Warna Warni yang menjadi suguhan bagi para yachter, peserta Sail Indonesia.

"Pelangi Warna Warni ini biasanya dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggarakan Sail Indonesia. Fashion carnaval ini menjadi suguhan yang menarik buat para yachter, ketika mereka berada di sini. Biasanya mereka berfoto dan mem-post di akun media sosial mereka. Sehingga, ini menjadi suatu upaya promosi pariwisata," kata Peran.

Untuk memaksimalkan upaya promosi pariwisata Belitung Timur, Disbudpar Beltim juga akan berkoordinasi dengan para pelaku pariwisata.

"Untuk menyukseskan kegiatan ini, tentunya kita juga bekerjasama dengan para pelaku pariwisata, seperti tour and travel, agar dapat mengarahkan para tamunya untuk menyaksikan kegiatan ini, khususnya wisatawan nusantara," kata Peran.

Bagi masyarakat yang ingin ikut serta pada parade kostum Pelangi warna Warni, dapat menghubungi 2 (dua) nara hubung, yakni Peran (087797663688) dan Nanda (081809415778). Para peserta akan beradu kreativitas untuk memperebutkan total hadiah sebesar 37 juta rupiah.

Penulis : Ernawati Arif (Prahum Disbudpar Babel)
Editor : Heri Kurniawan (In Radio)
Foto : Disbudpar Beltim
Sumber : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur

Tidak ada komentar: