Strategi DP3ACSKB Dalam Percepatan Pencapaian Pencatatan Sipil - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Kamis, Agustus 09, 2018

Strategi DP3ACSKB Dalam Percepatan Pencapaian Pencatatan Sipil

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana ( DP3ACSKB ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Rapat Koordinasi Pencatatan Sipil Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Hotel Puncak, Kamis ( 09/08/2018 ).

Rapat Koordinasi yang diikuti peserta dari perwakilan Dinas Kependudukan dan Catatan SIpil ( Dukcapil ) tujuh Kabupaten / Kota se -  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dilaksanakan agar dapat saling bersinergi serta berdiskusi dalam rangka mengatasi permasalah sehinga dapat dicarikan solusi penyelesaian masalah terkait dengan pencatatan sipil yang terjadi di Kabupaten / Kota dapat diatasi dengan baik.

Dalam diskusi tersebut, Kepala DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Susanti memaparkan dalam rapat koordinasi tersebut yang menjadi titik  pembahasan, meliputi : Kematian yang tidak dilaporkan oleh masyarakat dengan akte kematian, rendahnya pencatatan angka Perkawinan yang tidak berpihak kepada perlindungan anak dan kaum wanita, serta penerapan versi tujuh ( 7 ).

" Diantara pencapaian upaya percepatan pencatatan sipil dengan menerapkan atau mencantumkan golongan darah dan  hubungan perkawinan," tuturnya.

Karena itu, upaya percepatan  pencapaian cakupan kepemilikan akta pencatatan sipil di wilayah Bangka Belitung dapat dilakukan dengan memberikan informasi secara luas kepada masyarakat agar mereka menyakini dan menyadari pentingnya pencatatan sipil tersebut.

" Percepatan catatan sipil dapat dilakukan  dengan menumbuhkan gerakan masyarakat yang berperan aktif untuk  melakukan pelaporan ataupun pencatatan serta memaksimalkan pelayanan di Dukcapil pada hari libur," terangnya.

Selain itu, beberapa langkah strategis dapat dilakukan dengan cara memaksimalkan kerjasama dan melakukan kordinasi bersama instansi terkait, kerjasama juga dapat dilakukan dengan para petugas pemakaman, Kepala RT/ RW  terkait dengan cakupan akta Kematian, serta Integrasi data perkawinan dan perceraian. ( Erwin ).

Tidak ada komentar: