Waspadai Karhutla, BPBD Babel : Kondisi Panas dan Angin Kencang Rawan Kebakaran - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Minggu, Agustus 19, 2018

Waspadai Karhutla, BPBD Babel : Kondisi Panas dan Angin Kencang Rawan Kebakaran

INRADIOFM.COM, BANGKA TENGAH - Lahan seluas kurang lebih satu hektare yang berada di dekat GOR Sahabuddin Kelurahan Padang Baru, Pangkalan Baru, Sabtu, 18 Agustus 2018 pukul 15.15 wib mengalami kebakaran.

Informasi ini disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa melalui pesan WA Group Info Bencana BPBD Babel.

Setelah mendapat informasi kebakaran, Tim Reaksi Cepat berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya, mengirimkan 6 personil dan 1 mobil tangki, 1 unit mobil damkar, dan 3 orang personil Pol.PP menuju lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan ( Karhutla ) untuk melakukan pemadaman api.

Lokasi titik api terbagi dari beberapa titik serta berada di dalam sehingga pemadaman yang dilakukan oleh tim dilakukan secara manual.

" Kondisi api cukup besar dan asap sempat mengganggu pengguna jalan raya yang melintas lokasi kebakaran, Alhamdulillah akhirnya api dapat dipadamkan sekitar pukul 16.30 WIB," terang Mikron.

Karenanya, Mikron menghimbau kepada masyarakat luas dalam kondisi musim kemarau panjang yang melanda sebagian wilayah Bangka Belitung untuk selalu dapat meningkatkan kepedulian dan kewaspadaan lingkungan sekitar, kebakaran hutan dan lahan terjadi karena beberapa faktor yang disebabkan oleh masyarakat itu sendiri yang kurang peduli terhadap lingkungan.

" Tidak membuka lahan dengan melakukan pembakaran, tidak membuang puntung rokok sembarangan, serta tidak melakukan pembakaran sampah dikarenakan cuaca panas dan angin kencang memudahkan api cepat merambat dan membesar," himbau Kalak BPBD  ( Erwin ).

Tidak ada komentar: