Agung Nugraha dan Dilla Augustine Kolina, Juara Duta Wisata Babel 2018 - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Minggu, September 30, 2018

Agung Nugraha dan Dilla Augustine Kolina, Juara Duta Wisata Babel 2018

PANGKALPINANG, INRADIOFM.COM - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) telah melangsungkan malam grand final Duta Wisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2018, yang berlangsung di Hotel Bangka City Pangkalpinang, Sabtu, (29/9/2018) malam.

Sebelum malam grand final itu, 28 finalis telah menjalani masa karantina dengan serangkaian kegiatan sejak Rabu, 26 September 2018 lalu. Selama masa karantina, para finalis mendapatkan beberapa pembekalan materi terkait, antara lain pengetahuan kepariwisataan, bahasa Inggris, seni budaya, psikologi, pengetahuan umum, serta beauty class.

Disamping itu, para finalis juga menjalani tes sebagai hasil dari pembekalan materi yang telah diberikan. Kegiatan lain yang juga menjadi bagian dalam penilaian, yakni sesi foto dan malam unjuk bakat.

Setelah sejumlah aksi panggung pada malam grand final tadi malam, para juri akhirnya menetapkan Agung Nugraha, dan Dilla Augustine Kolina, asal Kabupaten Bangka Selatan sebagai juara Duta Wisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2018. Sementara posisi Runner Up diisi oleh Bagas Soripada Siregar, dan Elivia Dita Hanatalia, asal Kabupaten Bangka Tengah.

Untuk Juara atribut Fotogenic Putra, diraih Ihzam Febriansa asal Kabupaten Bangka, dan Juara atribut Fotogenic Putri, yaitu Elivia Dita Hanatalia, asal Kabupaten Bangka Tengah. Juara atribut Best Performance Putra, Agung Nugraha dari Kabupaten Bangka Selatan, dan Juara atribut Best Performance Putri, diraih oleh Pradini asal Kabupaten Bangka.

Lalu, Juara atribut Berbakat disandangkan untuk Anjani Pribadi, dan Chaterine asal Kabupaten Bangka. Kemudian, Bagas Soripada Siregar asal Kabupaten Bangka Tengah, dan Dian Nur Anisa, asal Kabupaten Belitung Timur sebagai Juara atribut Best Presentation. Serta, Juara atribut Intelegensia dimenangkan oleh Riyadi Pratama, dan Iptah yang berasal dari Kota Pangkalpinang.

Wakil Gubernur, Abdul Fatah yang hadir untuk mewakili Gubernur, dalam sambutannya menyampaikan, perkembangan pariwisata di Bangka Belitung menuntut para praktisi pariwisata yang mumpuni.

"Perkembangan pariwisata di Indonesia kian maju dengan pesat. Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki dan menawarkan berbagai potensi pariwisata yang menarik. Untuk itu, kita membutuhkan para praktisi pariwisata untuk menggiatkan pariwisata Bangka Belitung," kata Abdul Fatah.

Abdul Fatah juga mengatakan, strategi promosi yang tepat dan efektif sangatlah penting mengingat persaingan dunia pariwisata yang sangat tinggi.

"Pentingnya peran para pelaku pariwisata untuk menerapkan strategi promosi yang tepat agar seluruh kegiatan pariwisata yang diselenggarakan oleh pemerintah bisa mencapai target dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara," katanya.

Sementara Kepala Disbudpar Babel, Rivai berpesan, pasangan Duta Wisata ini agar dapat memberikan dedikasi terbaiknya, sesuai dengan tema pemilihan tahun ini, yakni Dengan Revolusi Mental, Kita Ciptakan Duta Wisata yang Berdedikasi.

"Sesuai dengan tema kita tahun ini, yakni terkait revolusi mental. Kita semua, ingin sosok Duta Wisata menjadi panutan yang berdedikasi tinggi di bidang pariwisata, sesuai dengan kapasitasnya," kata Rivai.

Dia pun berharap, kepada Juara Duta Wisata Babel 2018, agar dapat menggaungkan lagi nama Bangka Belitung, khususnya dalam hal pariwisatanya.

"Duta Wisata terus meningkat kualitasnya dari tahun ke tahun. Kita juga berharap, kualitas atau peraihan ini tidak untuk membanggakan diri, melainkan semangat diri dalam menunaikan kewajiban sebagai Duta Wisata yang membantu pemerintah dalam kepariwisataan daerah," harapnya.

Ditulis Oleh : Ernawati Arif (Prahum Disbudpar Babel)
Foto : Rafiq Elzan
Sumber : Disbudpar Babel
Editor : Hery Kurniawan (In Radio).

Tidak ada komentar: