Babel berpotensi miliki Pelabuhan Internasional - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Jumat, September 14, 2018

Babel berpotensi miliki Pelabuhan Internasional

INRADIOFM.COM, PANGKALPINANG ----Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman saat menjadi salah satu keynote speaker dalam Pembukaan 1st International Conference on Maritime and Archipelago (ICoMA), International Conference of Vocational Studies on Applied Reseach (ICoVAR), International Conference of Vocational Studies on Social Science yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Aston, Pangkalanbaru Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Babel.
Memastikan bahwa Bangka Belitung memiliki potensi untuk menjadi pelabuhan internasional yang besar.

Dalam paparannya dihadapan ratusan peserta, Kamis (13/9/2018) pagi, Gubernur mengatakan, berdasarkan beberapa survey dan studi yang dilakukan Babel, ternyata Babel memiliki potensi sebagai Pelabuhan Internasional yang dapat menampung semua jenis kapal dengan kapal berkapasitas 2.500 GT.

Yang mana dengan adanya  potensi tersebut, Gubernur berharap, ke depan akan dibangun sebuah pelabuhan berskala internasional yang dapat menampung kapal - kapal besar sehingga akan menggerakkan perekonomian di Babel dan dapat mensejahterakan masyarakat Bangka belitung.

"Sebenarnya kita memiliki laut dalam yang indah, yang pasti bisa menampung kapal yang lebih besar. Tetapi itu hanya bisa terjadi jika kita memiliki pelabuhan berstandar internasional. Ini adalah mimpi saya, tapi bukan hanya saya saja, namun merupakan mimpi masyarakat Indonesia," ungkap Erzaldi.

Selain itu, ditambahkan Gubernur, Bangka Belitung memiliki 450 pulau, dimana 50 pulau diantaranya telah didiami penduduk, serta terdapat 400 pulau lagi yang belum didiami penduduk.

"Ada 400 pulau yang belum tersentuh, sehingga dapat dibayangkan bagaimana keindahan pulau tersebut," tegasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur juga berharap Bangka Belitung akan menjadi perhatian khususnya dari pemerintah pusat agar pembangunan infrastruktur bisa di percepat.

"Bangka Belitung memiliki 7 buah pelabuhan, dimana 2 di Pulau Belitung dan 5 ada di Pulau Bangka. Dan laut Bangka Belitung yang sangat kaya dengan kekayaannya dapat dibandingkan dengan Pulau lain di Sumatera, dengan adanya kegiatan ini semoga Bangka Belitung akan lebih di perhatikan walaupun sekarang sudah ada perhatian khusus tapi kite berharap lebih lagi," jelas Gubernur.

Selain Gubernur Babel Erzaldi Rosman, juga tampil sebagai keynote speaker Hideaki Kasai (Akashi National College of Tecnology Japan), Datuk Zainal Kling (Malaya University), Seiji Fujiwara (National Institute of Tecnology Akashi Japan).

Erzaldi juga berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, para ahli yang memiliki kemampuan untuk meneliti potensi suatu pulau bisa memberikan hasil yang maksimal yang bisa memberikan solusi positive  bagi pulau tersebut.


"Kita berharap para ahli yg tau tentang baik kelebihan maupun kekurangan dalam provinsi bisa di bahas dan ditemui solusinya, Jika sudah baik maka harus di tingkatkan lagi jika tidak, maka cari solusinya. Sehingga para investor atau investasi yang kita punya ini tidak mubazir nantinya,"ungkapnya.

Penulis : Nita
Editor : bgumay

Tidak ada komentar: