Ekspedisi APPSI, Pengembangan Ekonomi Potensi Daerah di Era Digital - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Selasa, September 25, 2018

Ekspedisi APPSI, Pengembangan Ekonomi Potensi Daerah di Era Digital

PANGKALPINANG, INRADIOFM.COM - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi menerima kedatangan delegasi Tim Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia ( APPSI ) Ekspedisi Jalur Darat di Ruang Tanjung Pendam Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (25/9/2018).

Kedatangan delapan ( 8 ) tim ekspedisi ke Bangka Belitung, diketuai Ki Agus Firdaus beserta dengan Tim Buka Lapak bertujuan untuk menggali dan mengembangkan apa yang menjadi potensi pada setiap daerah di Indonesia agar dapat dipublikasikan secara meluas melalui berbagai saluran pada era digital saat ini.

Hal ini dikemukan Ki Agus Firdaus saat menyampaikan maksud dan tujuan dihadapan Sekda Babel beserta Pejabat eselon II di wilayah Pemerintah Provinsi Bangka Belitung.

Setiap daerah di Indonesia memiliki keragaman potensi yang berbeda - beda, hal ini dapat dikembangkan melalui sinergi bersama antara daerah dalam upaya membangun jaringan dan peningkatan ekonomi untuk menghadirkan kesejahteraan masyarakat

" Apa yang menjadi potensi di daerah yang belum terpublis secara maksimal dapat terinformasi dengan baik, dimana  persaingan global saat ini menjadi sebuah tantangan bagi pelaku usaha semakin besar, era digital diikuti bukan untuk di takuti," ujarnya.

Kemudian, membangun UMKM dengan semangat kebersamaan agar mampu bersaing dengan negara lain dengan mensupport dalam segala hal dalam menciptakan produk unggulan, permasalahan pemasaran dengan dukungan semua pihak.

" Konsep warung digital, agar warung tradisonal tidak kalah dengan retail modern untuk dapat bersaing dan  berkembang dengan memberikan harga kompetitif bahkan lebih murah, seperti dengan pemutusan distribusi," terangnya.

Sementara itu, Sekda Yan Megawandi dalam kesempatan tersebut memaparkan kondisi geografis Bangka Belitung, Potensi - potensi yang dimiliki daerah pada bidang pertanian, pariwisata,  program - program unggulan pemerintah, serta pencapaian pembangunan daerah.

" Provinsi Babel memiliki kesenjangan antara orang kaya dan miskin terkecil, angka kemiskinan terkecil nomor empat di Indonesia dan terbaik dari Gini Ratio," paparnya.

lebih lanjut, Sekda sampaikan sekilas produk unggulan Bangka Belitung yang memiliki potensi besar untuk dapat  dikembangkan secara lebih maksimal, meliputi : Kebudayaan  menenun cual,  kerajinan Pewter timah, Batu satam, Anyaman resam, Akar bahar, 

" Bangka Belitung terkenal dengan kulinernya dan kaya akan rempahnya, salah satu diantaranya terasi dan untuk lada menjadi terbaik di dunia karena memiliki tingkat kepedasan tinggi," jelas Sekda Yan Megawandi. ( erwin ).

Tidak ada komentar: