Kenalkan Produk Khas Belitung Timur Lewat Pameran Kriyanusa 2018 - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Kamis, September 27, 2018

Kenalkan Produk Khas Belitung Timur Lewat Pameran Kriyanusa 2018

JAKARTA, INRADIOFM.COM – Dalam rangka HUT Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke 38, Ny. Susi Yuslih Ihza selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menghadiri acara Rakernas di Kementerian Pertahanan dan Dekranas di Main Lobby Plenary Hall dan Ruang Cendrawasi Balai Sidang Jakarta/ Jakarta Convention Center (JCC).

Dalam acara ini diselenggarakan 3 rangkaian kegiatan besar yaitu Pameran KriyaNusa 2018 pada tanggal 26-30 September 2018, Rakernas yang dilaksanakan pada tanggal 27 September 2018 dan Tuan rumah evaluasi penjurian World Craft Council (WCC) Award 2018 tanggal 24-27 September 2018. Pameran KriyaNusa 2018 mengangkat tema "Tingkatkan Sinergitas dan Kreativitas Wirausaha Milenial". Pameran ini diikuti oleh Dekranasda seluruh Indonesia yang memfasilitasi perajin di masing-masing daerah. Untuk memantapkan singkronisasi dari peran Dekranas dan Dekranasda seluruh Indonesia, maka dilaksanakannya Rakernas sebagai agenda rutin setiap tahunnya. Adapun tema Rakernas pada tahun ini adalah "Terus Berinovasi Menuju Kriya Nusantara Yang Berkualitas". Rakernas ini dilaksanakan di Kementarian Pertanahan yang diikuti sekitar 600 peserta diantaranya para Ketua Dekranasda Provinsi, Kabupaten dan Kota, serta anggota pengurus Dekranas Pusat.

Rakernas Dekranas merupakan salah satu ajang bagi seluruh ketua Dekranasda Provinsi, Kabupaten/Kota untuk meningkatkan potensi kerajinan dan mengambil manfaat dari paparan yang disampaikan oleh masing – masing ketua Dekranasda yang berdampak baik bagi perkembangan kerajinan yang ada.

Susi Siswari mengungkapkan bahwa produk yang dipamerkan dalam acara pameran DEKRANAS ini adalah kain batik, kain tenun, anyaman rotan, serta kerajinan dari pewter yang dibuat oleh perajin yang ada di kabupaten belitung timur dan yang menjadi produk unggulan di stand pameran Kabupaten Belitung Timur adalah anyaman pandan atau rotan, batik, satam dan kerajinan tangan miniatur kater.

"Dengan mengikuti pameran ini, kita dapat mempromosikan kerajinan khas daerah Kabupaten Belitung Timur kepada pengunjung serta bertukar ilmu dan pengalaman dengan peserta dari daerah lain", jelas Susi.

Susi Siswari mengharapkan dengan keikutsertaan Dekranasda Kabupaten Belitung Timur, dapat memberikan pengaruh positif bagi perkembangan kerajinan yang ada di Kabupaten Belitung Timur serta dapat menciptakan produk yang bermutu tinggi dan berdaya saing dengan produk-produk yang berasal dari daerah lain.

Dalam kesempatan ini Ibu Jokowi beserta rombongan juga mengunjungi stand dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sambil melihat-lihat produk-produk yang dipamerkan. Ibu Susi juga ikut mendampingi Ibu Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melihat dan mencoba salah satu produk kerajian khas daerah Kabupaten Belitung Timur.

"Peci ayaman rotan ini agar dibuat lebih lentur lagi sehingga nyaman dipakai", ujar Ny. Melati Erzaldi. Kunjungan diakhiri dengan foto bersama. (Lu2_HK)

Tidak ada komentar: