Ketaatan Atas Kesadaran Hukum, Korelasi Positip Pertumbuhan Ekonomi - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Senin, September 17, 2018

Ketaatan Atas Kesadaran Hukum, Korelasi Positip Pertumbuhan Ekonomi

INRADIOFM.COM,PANGKALPINANG - Pembangunan hukum dan hak asasi manusia diharapkan dapat mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, dimananpun negara di dunia ini apabila kesadaran hukum tidak benar dipastikan negara tersebut menjadi  kacau.

Pembangunan hukum kesadaran tingkat masyarakat berkorelasi positip terhadap pertumbuhan ekonomi terhadap suatu negara dan itu tidak dapat terbantahkan.

" Tidak perlu jauh melihat ke eropa, di  kawasan asia mengapa negara Jepang begitu majunya, karena negara itu tertib hukum dan memiliki tingkat kesadaran hukum yang sangat tinggi, sehingga berdampak pada etos kerja masyarakat, disana anak sekolah tidak membawa Hp, jika seandainya membawa Hp, yang ada cuma nomor orang tuanya saja," terang Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly, di Aula Pasir Padi, Kantor Gubernur Babel, pada acara penyerahan Desa Sadar Hukum, Senin  ( 17/09/2018 ).

Tertib hukum dan semangat disiplin sangat penting dalam dunia usaha fan sangatlah dibutuhkan, oleh karena itu dengan adanya dan tingginya kesadaran hukum akan membuat bangsa ini menjadi besar.

Hukum harus menjadi penuntun berprilaku berkehidupan berbangsa dan bernegara, dengan adanya permasalahan hukum yang terjadi di negeri ini, Kementrian Hukum dan HAM memiliki peranan strategis dalam melaksanakan  penyelenggarakan pemerintahan dalam bidang hukum dan Hak Asasi Manusia.

Karenanya, Menurut  Menteri Yasonna Laoly bantuan Pemerintah Daerah sangat penting, sinergi Kakanwil dengan Pemerintah Daerah Provinsi maupun Kota/ Kabupaten, Kejati, Kapolda, Pengadilan, baik itu sinergi horizontal maupun vertikal.

" Kita tidak dapat melakukan pekerjaan sendiri, oleh karena itu saya sangat menghargai sinergitas, untuk tugas berbangsa dan negara terus dapat ditingkatkan," terangnya.

Bantuan Pemerintah Daerah Bangka Belitung sudan selayaknya mendapatkan apresiasi sangat penting atas kesadaran hukum, hal ini telah dibuktikan  dengan adanya 35 Desa / Kelurahan di Bangka Belitung secara keseluruhan yang mendapatkan penganugerahan Desa Sadar Hukum.

Tentu penetapan sebagai Desa Sadar Hukum tidaklah mudah karena harus memenuhi bebarapa kriteria yang cukup ketat dan berat, untuk itu kami berharap daerah untuk dapat  berlomba - lomba untuk  menjadi terbaik dalam memberikan bimbingan dan arahan dalam menguatkan negara Indonesia sebagai negara hukum. ( erwin )

Tidak ada komentar: