Babel Terima Empat Sertifikat WBTB - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Jumat, Oktober 12, 2018

Babel Terima Empat Sertifikat WBTB


JAKARTA, INRADIOFM.COM - Direktorat Jenderal Kebudayaan melalui Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya melaksanakan kegiatan besar terkait dengan apresiasi negara terhadap objek pemajuan kebudayaan dan sumber daya manusia (SDM), di bidang kebudayaan melalui Kegiatan Apresiasi Penetapan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia.

Malam Apresiasi Penetapan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia 2018, dilangsungkan di Gedung Kesenian, Jakarta, Rabu malam, 10 Oktober 2018. Sertifikat diberikan langsung oleh Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Hilmar Farid kepada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rivai. 

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerima empat sertifikat WBTB untuk empat karya budaya, antara lain: Tari Serimbang (Bangka Barat), Hadrah Gendang Empat (Belitung Timur), Emping Beras (Belitung Timur), dan Sepen Buding (Belitung Timur).

Rivai mengatakan, Bangka Belitung akan terus berupaya untuk melestarikan karya budaya yang ada.

"Kita sangat senang, tahun ini kita masih mendapatkan penetapan WBTB Indonesia. kita akan terus melakukan upaya-upaya untuk melestarikan karya budaya daerah yang menjadi bagian dari identitas dan kepribadian daerah kita," kata Rivai melalui sambungan telepon.

Bangka Belitung, lanjut Rivai, memiliki karya budaya yang sangat beragam. Hal ini harus disyukuri dan dilindungi bersama.

"Bangka Belitung punya banyak sekali karya budaya. Sangat beragam. Kita wajib bersyukur atas keragaman ini. Tidak hanya itu, kita juga harus melindunginya, dan salah satunya melalui WBTB ini," lanjutnya.

Sementara Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Babel, Zuardi mengatakan, sertifikat WBTB yang diperoleh direncanakan untuk diserahkan kepada masing-masing daerah asal.

"Nanti, sertifikat ini rencananya akan kita serahkan kepada masing-masing kabupaten/kota, daerah asal karya budaya tersebut. Kemungkinan nanti diserahkannya pada acara-acara tertentu," kata Zuardi.

Zuardi juga berharap agar kabupaten/kota di Bangka Belitung dapat semakin memperkaya kajian terhadap karya budayanya.

"Tahun ini Alhamdulillah, kita dapat empat WBTB Indonesia. Kita berharap kabupaten/kota di Bangka Belitung dapat memperkaya atau memperbanyak kajian mendalam dari karya-karya budayanya. Karena kajian ini lah yang sangat dibutuhkan dalam pengajuan WBTB," harapnya.

Kegiatan Apresiasi Penetapan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia merupakan puncak dari serangkaian kegiatan penetapan warisan budaya tak benda Indonesia yang bertujuan untuk melastarikan, melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan budaya Indonesia.

Penetapan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia dilaksanakan, melalui serangkaian tahapan oleh tim ahli, narasumber, Dinas Kebudayaan Provinsi se-Indonesia, dan Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB).

Penulis : Ernawati Arif (Pranata Humas Disbudpar Babel)
Foto : Kemendikbud RI
Sumber : Disbudpar Babel
Editor : H.K (In Radio)

Tidak ada komentar: