DLH Babel Gelar Diskusi Publik Rencana Tata Ruang KIPT Sadai - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Senin, Oktober 15, 2018

DLH Babel Gelar Diskusi Publik Rencana Tata Ruang KIPT Sadai

PANGKALPINANG - INRADIOFM.COM Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Diskusi Publik Seminar Hasil Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Terhadap Rencana Rinci Tata Ruang (RRTR) Kawasan Strategis Provinsi (KSP) Kawasan Industri dan Pelabuhan Terpadu (KIPT) Sadai, di Sun Hotel, Senin (15/10/2018 ).

Kepala Dinas LH Bangka Belitung, Eko Kurniawan dalam sambutannya saat membuka kegiatan Diskusi Publik menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi dalam menjalani prinsip dan  pembangunan daerah Kawasan Industri dan Pelabuhan Terpadu Sadai serta sebagai pedoman bagi pemerintah daerah dalam menyusun donasi peruntukan, pemanfaatan ruang dalam mengembangkan potensi ekonomi.

" KPIT merupakan kawasan strategis provinsi untuk kepentingan ekonomi, pembanguban di Sadai suatu upaya pemda untuk memajukan perekonomian di Bangka Belitung, pembangunan kawasan stategis hsrus diprioritaskan yang sangat penting terhadap ekonomi sosial dan lingkungan," jelasnya.

Kemudian, saat ini muncul berbagai informasi dan isu lingkungan hidup yang tidak dapat terlepas dari aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup yang semakin bertambah, dan hal tersebut menimbulkan dampak, seperti pencemaran air, lingkungan, serta sedimentasi, karenanya dengan adanya kajian lingkungan hidup kebijakan prinsip pembangunan berkelanjutan  memberikan dampak pertumbuhan ekonomi.

" Minimnya ketersediaan air bersih, menurunnya kualitas air laut, timbulnya sampah dan limbah cair, alih fungsi hutan, maraknya aktifitas penambangan ilegal, ini merupakan isu pembangunan berkelanjutan," ujar Eko Kurniawan.

Dirinya berharap dalam diskusi tersebut para peserta dapat memberikan masukan - masukan terhadap kajian yang telah dilaksanakan oleh kelompok kerja dalam menjabarkan RTRW Provinsi secara lebih terperinci dalam bentuk Kawasan Strategis Provinsi sehinga terkoordinasi dan terkendalinya pembangunan kawasan dan fungsi dalam kawasan perencana.( erwin).

Tidak ada komentar: