Gerakan Masyarakat Desa Membangun, Optimalisasi Pemberdayaan Daerah - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Rabu, Oktober 24, 2018

Gerakan Masyarakat Desa Membangun, Optimalisasi Pemberdayaan Daerah

PANGKALPINANG, INRADIOFM.COM - Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar acara sosialisasi pengembangan desa Gerakan Masyarakat Desa Membangun (GMDM) tingkat Provinsi, di Bangka City Hotel ( 24/10/2018 ).

Sosialiasi yang dilaksanakan selama tiga hari di mulai sejak 24 - 26 diikuti para peserta dari tujuh Kabupaten / Kota se - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang melibatkan lintas sektor dari Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Tertinggal serta unsur TNI.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Tertinggal Yuliswan mewakili Pemerintah  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam sambutannya saat membuka kegiatan menyampaikan bahwa kehormonisan suatu  gerakan masyarakat dalam rangka mewujudkan pembangunan desa berbasis kesehatan.

" Berprilaku sehat serta menuju daya saing mandiri dalam mengoptimalkan
sinergitas derajat kesehatan dengan menumbuhkan dan mengembangka desa perlu di topang semua lini sektor berorientasi potensi masyarakat," papar Yuliswan.

Berprilaku sehat dan produktif berdaya saing mandiri dan sejahtera dalam percepatan derajat kesehatan dengan menumbuhkan kembali khususnya desa siaga aktif, tentu saja perlu di topang oleh berbagai kebijakan dan program oleh Pemerintah yang berorientasi sebagai gerbang menuju Indonesia Sehat dan mengintegrasikan bebarapa program secara lintas sektoral.

" Dengan mengintegrasikan beberapa program dalam menekan moralitas sehingga dukungan lintas sektor dan peran masyarakat sangatlah diperlukan," lanjutnya.

Pembentukan Gerakan Desa Membangun gerbang dilatarbelakangi oleh beberapa masalah pembangunan terutama masalah kesehatan baik prilaku maupun hubungan dengan basis yang ada di desa, proses pencerdasan masyarakat sesuai dengan UUD 1945,  RPJMD, serta cita - cita kita bersama berbasis gerakan pencapaian yang di mulai dari keluarga di tingkat desa.

" Fakta dilapangan menunjukan bahwa desa yang pemerintah dan masyarakatnya mengambil peran serta dalam upaya mencerdaskan dan menyehatkan masyarakat, maka derajat kesehatan dan pendidikan jauh lebih tinggi, oleh karenanya diharapkan gerakan ini  dapat mewujudkan kondisi masyarakat yang sehat dan mandiri dari tingkat keluarga yang ada di desa- desa," kata Yuliswan. (erwin).

Tidak ada komentar: