HUT Kota Manggar, Disbudpar Beltim Gelar Beltim Fashion Carnaval (BFC) 2018 - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Rabu, Oktober 10, 2018

HUT Kota Manggar, Disbudpar Beltim Gelar Beltim Fashion Carnaval (BFC) 2018

MANGGAR, BELTIM, INRADIOFM.COM - Untuk memeriahkan ulang tahun Kota Manggar ke-147 tahun, Dinas Kebudayan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur (Disbudpar Beltim), menggelar Beltim Fashion Carnaval (BFC), Rabu, 10 Oktober 2018.

BFC merupakan parade kostum tematik dengan menyusuri beberapa ruas jalan utama di Kota Manggar, Belitung Timur. Rute yang dilewati peserta, yakni start di Lapangan Yagor Puncak  Dispensasi Pasar, Jl. Bioskop Mega, dan finish di Tugu 1001 Warung Kopi. Sementara tema yang diambil adalah Budaya Nusantara, serta Flora dan Fauna. Dengan tema ini, para peserta beradu kreativitas dalam membuat kostum yang mengangkat kekhasan Negeri Sejuta Pelangi ini.

Menanggapi event ini, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel), Rivai mengatakan, BFC mempunyai daya tarik wisatawan yang potensial.

"Fashion carnaval seperti ini memang sangat menarik, apalagi kalau digarap dengan serius. Semoga melalui Beltim Fashion Carnaval ini dapat menjadi suatu daya tarik wisata yang akan melambungkan dan menjaga eksistensi Belitung Timur dalam kepariwisataan," kata Rivai melalui sambungan telepon.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Disbudpar Beltim, Evi Nardi mengatakan, kegiatan ini dapat menjadi suatu wadah kreativitas yang ditampilkan dalam bentuk kostum karnaval.

"Beltim Fashion Carnaval ini tidak hanya menjadi suatu daya tarik wisata dan hiburan bagi masyarakat, tapi juga menjadi wadah berkreativitas dalam membuat kostum tematik. Yang ikut tidak hanya masyarakat Beltim, tapi ada juga yang dari luar Beltim," terang Evi yang ditemui di garis finish.

Evi juga mengatakan, event BFC ini juga merupakan upaya yang dirintis dalam rangka mempromosikan potensi wisata Belitung Timur.

"Fashion carnaval seperti ini sudah sangat marak di beberapa daerah di Indonesia, seperti Jember Fashion Carnaval yang sudah mendunia. Ini tak lain upaya mempromosikan pariwisata daerah, khususnya Belitung Timur," katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kelembagaan Kepariwisataan, Peranciscus Aryanto, mengungkapkan rasa senangnya karena kegiatan BFC ini disambut baik oleh masyarakat.

"Masyarakat sangat terhibur. Mereka beramai-ramai menonton parade ini, karena penampilan kostum yang unik dan menarik. Apalagi kegiatan seperti ini kan masih jarang diadakan," ujarnya.

Ia menilai, banyaknya masyarakat yang berfoto dengan para peserta, menjadi indikasi jika masyarakat mempunyai minat yang besar diadakannya event BFC ini.

"Dengan tema kali ini, budaya, dan flora fauna, dengan kostum yang dibuat semenarik mungkin sesuai tema ini, membuat banyaknya masyarakat yang ingin berfoto dengan para peserta. Yang penting parade tetap bisa berjalan lancar," katanya.

Ia juga berharap, kedepannya BFC dapat diikuti lebih banyak lagi peserta, baik dari Belitung Timur maupun dari luar Belitung Timur.

"Tentu saja kita berharap BFC kedepannya makin ramai, makin diminati oleh banyak peserta dari luar Beltim, dan punya inovasi tersendiri dalam penyelenggaraan sebuah karnaval kostum," harapnya.

Berikut, nama pemenang dengan masing-masing kategori :

Budaya Nusantara :
Juara I, Nadia DS Putri
Juara II, Juriandi
Juara III, Anggi Agung Albazis

Flora dan Fauna :
Juara I, Farah Choirunnisa
Juara II, Evita Veron
Juara III, Suhar.

Penulis : Ernawati Arif (Pranata Humas Disbudpar Babel)
Foto : Hardinata
Sumber : Disbudpar Babel
Editor : H.K (In Radio)

Tidak ada komentar: