Beltim Berupaya Gunakan siMAYA Tahun Depan - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Jumat, November 16, 2018

Beltim Berupaya Gunakan siMAYA Tahun Depan

Manggar, BELTIM, INRADIOFM.COM Demi mewujudkan pemerintahan yang berbasis elektronik dibidang administrasi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) melakukan Pelatihan Sistem Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) siMAYA, yang berlangsung di meeting room Hotel Oasis, Jum'at, (16/11/2018).

Kepala Bidang (Kabid) e-Government Diskominfo Royan Agusriadie menargetkan penggunaan siMAYA bisa terealisasikan pada tahun depan. Mantan Kabid Penetapan dan Penagihan Pajak ini juga menuturkan setelah pelatihan SDM selesai tugas yang menanti selanjutnya ialah mempersiapkan Peraturan Bupati (Perbup) guna merealisasikan siMAYA tersebut.
"Target kita Insyaallah tahun 2019, semua surat menyurat sudah tidak lagi manual melainkan sudah menggunakan siMAYA, jadi setelah pelatihan siMAYA ini selesai, nantinya pada awal tahun depan kita akan mempersiapakan Perbupnya, jadi setelah SDM dan Perbupnya sudah siap maka kemungkinan launching nya bisa triwulan ketiga keatas di tahun depan," tutur Royan.
Royan juga menjelaskan hambatan dalam mewujudkan siMAYA pada saat ini ialah kemampuan sumber daya aparatur yang belum bisa mengelola dan menguasai cara kerja  administrasi perkantoran dengan siMAYA ini.
"Hambatan kita saat ini mungkin di sumber daya aparatur yang bisa mengelola dan menguasai administrasi perkantoran dengan siMAYA ini," jelasnya.
Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Beltim Kahidir Lutfi mengatakan jika  penerapan siMAYA memang bisa terealisasikan pada tahun depan, tentunya akan menguntungkan pemerintah karena dapat mengefesienkan waktu, tenaga dan biaya.
"Jadi siMAYA ini membuat kita tidak lagi memproses manajemen surat menyurat secara manual melainkan bisa secara otomatis, dan juga menghindari surat dari tercecer ataupun hilang, karena surat sudah berada di dalam aplikasi sehingga dapat mengefesienkan waktu, tenaga, dan biaya," kata Khaidir.
Khaidir juga menambahkan di zaman yang serba cepat ini mengharuskan melakukan tindakan cepat dan tepat meskipun sedang tidak berada di kantor, sehingga pimpinan atau staff lainnya bisa bergerak dan bekerja tanpa harus terbebani untuk kembali kekantor.
"Di zaman yang serba cepat ini harus memposisikan kita untuk sesegera mungkin untuk melakukan tindakan cepat dan tepat, salah satunya dengan mempercepat proses pengambilan keputusan maupun pemberian pelayanan publik meskipun kita sedang tidak berada di kantor, intinya kita tidak menunggu, pimpinan bisa bergerak dan bekerja tanpa harus terbebani untuk kembali kekantor terlebih dahulu untuk proses pengadministrasian," tambah Khaidir. (yas_HK)
Sumber : Diskominfo Beltim
Editor : H.K

Tidak ada komentar: