Jakstranas Penguatan dan Penanganan Sampah Wujudkan Ramah Lingkungan - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Selasa, November 06, 2018

Jakstranas Penguatan dan Penanganan Sampah Wujudkan Ramah Lingkungan

MUNTOK, BANGKA BARAT - INRADIOFM.COM
Pertumbuhan laju penduduk semakin hari terus meningkat dengan pola hidup yang semakin konsumtif, oleh karenanya dengan meningkatnya jumlah penduduk sehingga produksi akan sampah sudah dipastikan semakin tinggi.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Eko Kurniawan saat memberikan materi pada kegiatan Laskar Hijau Duduk Bekisah Santai dan Inspiratif Dengan Tema "Negeri Ancaman Sampah, Musibah atau Berkah" di Gedung Sriwijaya Unmet, Muntok. Senin (5/11/2018).

Menurut dirinya, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional (Jakstranas) pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga telah ditetapkan pada tanggal 23 Oktober 2017, dengan arah kebijakan pemerintah dalam pengurangan sampah dan penanganan sampah.

" Pelaksanaan program pengurangan sampah, meliputi : Pembatasan timbulan sampah, Pendauran sampah, dan Pemanfaatan kembali sampah," paparnya dihadapan peserta yang hadir dalam diskusi lingkungan tersebut.

Selain program pengurangan sampah, adapula program penanganan sampah dengan melakukan langkah pemilihan, pengumpulan, pengangkutan, pengolahan dan pemrosesan akhir sampah.

Lebih lanjut, Eko Kurniawan menjelaskan paradigma Jakstranas pengurangan di sumbernya menunjukan tekad yang kuat untuk pelibatan partisipasi masyarakat melalui perubahan perilaku dan budaya sehingga menjadi suatu gerakan masyarakat melalui program pengurangan dan penanganan.

Adapun keberhasilan dari upaya strategi pengurangan, penguatan dapat didapat melalui sinergitas antara pemerintah pusat dam daerah dalam penguatan anggaran, kepemimpinan, lembaga serta SDM, pembentukan sistem informasi, penguatan masyarakat serta dunia usaha.

" Perlu komitmen bersama dan partisipasi pihak dalam pengelolaan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, nyaman, sehat serta indah," ajak Eko Kurniawan Kadis Lingkungan Hidup. (erwin)

Tidak ada komentar: