Maksimalkan Pelayanan Terhadap Bidang Perhubungan, Wagub : Perkuat Sinergitas, Sinkronisasi Pusat dan Daerah - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Kamis, November 08, 2018

Maksimalkan Pelayanan Terhadap Bidang Perhubungan, Wagub : Perkuat Sinergitas, Sinkronisasi Pusat dan Daerah

PANGKALPINANG, INRADIOFM.COM - Rapat Kerja Teknis Kepala Dinas Perhubungan se-Indonesia Dengan Tema " Upaya Penguatan Sinergitas Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah di Bidang Perhubungan", di buka secara resmi Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah, di Swissbell Hotel, Kamis (8/11/2018).

Peresmian Rapat Teknis ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan Wakil Gubernur bersama Staf Kementerian Perhubungan RI dan didampingi Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, KA Tajuddin serta dilanjuti dengan penyerahan cindera mata khas Bangka Belitung, yaitu kerajinan Pewter timah bermotif kapal dari Pemerintah Provinsi kepada Staf Ahli Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Menurut Wagub, di dalam menyelesaikan setiap permasalahan terkait dengan bidang transportasi  perhubungan, baik itu udara, laut, darat, maupun perkeretaapian diperlukan sinkronisasi dan sinergitas antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah Provinsi, Kota / Kabupaten.

" Setiap bidang pekerjaan apapun, pasti ada permasalahan yang terjadi dan tentunya cara penyelesaian dalam pelaksanaan penyelenggaraan negara terbagi dengan aturan pusat dan daerah," papar Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Penyelesaian permasalahan wajib dilakukan penyelenggra negara terkait dengan pelayanan dasar yang tertuang dalam peraturan pemerintah dalam menghadirkan pelayanan kepada publik dikarenakan masih adanya perbedaan penafsiran peraturan perundangan,  dalam ruang berbeda didalam  mensinkronisasikan dan mensinergitas aturan yang tidak berkesesuaian.

Kemudian, adanya kesan dari Pemerintah Pusat, belum sepenuhnya mengarah kepercayan untuk menyerahkan kewenangan kepada pemerintah daerah provinsi dan Kabupaten/Kota.

" Perspektif sentralistik masih cukup tinggi di lembaga sektoral," jelasnya dihadapan kepala Dinas Perhubungan Se Indonesia.

Lebih lanjut, Wagub Abdul Fatah  sampaikan pentingnya penyesuaian regulasi pusat dan daerah yang baru dengan aturan lama sehinga terçiptanya sinkronisasi regulasi dan sinergitas antara pusat dan daerah serta
penjabaran peraturan bidang perhubungan kurang dikoordinasi antar lintas sektoral sehingga peraturan yang dihasilkan tidak menjadi tumpanh tindih.

Karenanya, dengan adanya diskusi dalam  Rapat Teknis Dinas Perhubungan ini, dapat bersepakat untuk merumuskan serta merekomendasikan suatu keputusan untuk disampaikan kepada Kementerian Perhubungan demi menciptakan pelaksanaan pelayanan publik maksimal dalam bidang perhubungan. ( erwin  ).

Tidak ada komentar: