Tingkatkan Kerjasama Terpadu, Korem 045 / Gaya Gelar Simulasi Penanganan Bencana - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Kamis, November 29, 2018

Tingkatkan Kerjasama Terpadu, Korem 045 / Gaya Gelar Simulasi Penanganan Bencana

PANGKALPINANG, INRADIOFM.COM - Kondisi geografis wilayah Bangka Belitung sebagian merupakan dataran rendah sehingga sangat rawan terjadinya bencana alam banjir, karenanya dalam upaya  meningkatkan kualitas dalam penanggulangan bencana maupun pasca bencana, Komando Resor Militer 045 /Garuda Jaya gelar simulasi penanggulangan bencana alam, bertempat di Kelurahan Pintu Air Taman Mandara Pangkalpinang, Kamis (29/11/2018).

Simulasi  penanggulangan bencana alam banjir merupakan latihan internal untuk menggali kemampuan Prajurit Korem 045/Gaya dan jajaranya sebelum diterjunkan apabila terjadi bencana, akan tetapi pelaksanaanya kita bersinergi dengan instansi terkait lainnya, seperti : Kepolisian, Basarnas, Tagana, dan Pihak lain.

Adapun tujuan simulasi bertujuan untuk melatih unsur - unsur terkait agar dapat bersinergi dan bekerjasama dalam mengantisipasi apabila terjadi bencana alam sekaligus untuk sarana uji coba prosedur tetap dalam Penanggulangan Bencana Alam terutama banjir yang sering terjadi.

Penanganan peristiwa bencana alam bukan hanya tanggung jawab pihak sipil atau komunitas kemanusiaan semata, keberhasilan misi - misi penanganan bencana alam sangat bergantung pada kerjasama antara TNI, POLRI, Pemerintah Daerah, LSM dan Organisasi-organisasi lainnya.

Berkenaan dengan hal tersebut, maka kemampuan, kerjasama dan koordinasi antar instansi maupun dengan unsur-unsur yang terkait sangat diperlukan agar kedepan kita tidak lagi merasa mendadak  dan tergopoh-gopoh dalam menghadapi setiap bencana banjir yang kerap melanda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini.

Selain melaksanakan latihan evakuasi warga dalam pelatihan ini seluruh seksi diikutsertakan dalam simulasi ini, baik itu dari tenaga kesehatan, Puskodal dan Dapur Umum lapangan pun dioperasikan saat ini sebagai pendukung.

Oleh karena itu dengan adanya latihan ini,  diharapkan mampu melaksanakan koordinasi, kerjasama terpadu pada proses perencanaan, persiapan dan pelaksanaan suatu operasi bersama pemerintah daerah atau kepolisian dalam operasi penanganan bencana alam yang menitikberatkan kepada materi bantuan TNI kepada pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana alam dalam pola OMSP, terutama dalam konteks pelaksanaan PRC PB TNI, harus benar-benar dimanfaatkan dan dihayati untuk dapat menghasilkan produk  "Rencana Operasi" yang aplikatif dan operasional, karena disinilah sesungguhnya urgensi dari latihan ini. (erwin ).

Tidak ada komentar: