DP3ACSKB Babel launching Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan ( GISA) - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru >>>

Rabu, Desember 05, 2018

DP3ACSKB Babel launching Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan ( GISA)

PANGKALPINANG, INRADIOFM.COM - Bertempat di Aula Graha Sasana Kasih Kampus STMIK Atma Luhur, DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan pencanangan sosialisasi dan launching Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) tingkat Provinsi Babel dengan mengusung tema Sadar Administrasi Kependudukan Menuju Masyarakat Tertib, Pemerintah yang Efektif dan Efisien serta Negara yang Memiliki Daya Saing, Rabu (5/12/2018).

GISA merupakan suatu gerakan untuk membangun budaya baru di tengah masyarakat Indonesia di dalam bidang administrasi kependudukan agar masyarakat dapat peduli dan menyadari  betapa dokumen memilki peranan pentingnya di dalam catatan  kependudukan.

Hal ini diutarakan Zudan Arif Fakrullah, Dirjen Kementrian dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia ketika dirinya bersama Sekda Babel Yan Megawandi dalam, Kepala DP3ACSKB Babel Susanti meninjau secara langsung tempat proses perekaman data yang berada dilokasi tempat berlangsungnya kegiatan.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan ada (4) program untuk membudayakan Administrasi Kependudukan di dalam sektor kehidupan, pertama sadar akan kepemilikan dokumen karena begitu pentingnya dokumen tesebut mulai dari dokumen kelahiran sampai dengan dokumen kematian, akta nikah sampai perkawinan, dilanjutkan dengan dokumen kedua yaitu sadar update, ketiga pemanfaatan data, serta yang keempat sadar aparatur didalam memberikan pelayanan.

" Masyarakat harus peduli terhadap dokumen kependudukan dirinya, untuk pemerintah sendiri dapat digunakan untuk alokasi anggaran yang digunakan oleh pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan terbaik, seperti: data bantuan sosial, pelayanan publik, pengurusan perizinan dan sebagainya," katanya.

Dalam kesempatan tersebut juga, Zudan Arif Fakrullah, mengajak Pemerintah Daerah Provinsi Babel agar tujuh Kabupaten / Kota untuk dapat menjadi menjadi pilot project pertama di  Indonesia didalam menghadirkan 100 % di Provinsi Babel menuju Go Digital.

" Bangka Belitung dapat melaksanakan go digital,  tinggal kesiapan aparatur, merubah cara kerja dan semangat dalam memperbaiki diri, karena alat sudah tersedia, aplikasi sudah tersedia tinggal manusianya," katanya.

Menanggapi penawaran yang disampaikan pihak Kementerian, Sekda Bangka Belitung Yan Megawandi, menyatakan kesiapan Pemerintah Provinsi Babel sebagai tempat Pilot Project tersebut.

" Pemprov Babel siap melaksanakan Pilot Project pada tahun 2019 tersebut, tinggal kita mempersiapkan diri untuk menuju ' Go Digital ' tersebut," kata Sekda Yan Megawandi. ( erwin  ).

Tidak ada komentar: