Pengukuhan Pengurus International Council For Small Businnes (ICSB) Bangka Belitung - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru

Live Streaming

Senin, Desember 10, 2018

Pengukuhan Pengurus International Council For Small Businnes (ICSB) Bangka Belitung

PANGKALPINANG, INRADIOFM.COM - Dengan disaksikan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dan Gubernur Kep. Bangka Belitung Erzaldi Rosman, Minggu (9/12/2018) bertempat di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai Rumah Dinas Gubernur dilakukan pengukuhan terhadap pengurus International Council For Small Businnes (ICSB) untuk wilayah Bangka Belitung.

Pengukuhan pengurus ICSB Babel dilakukan oleh Presiden ICSB Indonesia yang sekaligus tokoh pakar pemasaran yakni Hermawan Kertajaya. Adapun ketua koordinator untuk ICSB Babel diemban oleh Hj. Melati Erzaldi Rosman yang dibantu oleh pengurus ICSB kabupaten/kota.

Turut hadir dalam acara pengukuhan siang itu Sekretaris Daerah Prov. Kep.Babel, Yan Megawandi, Kepala BI Wilayah Babel, Tatan Heroika, stakeholder BUMN dan Kepala Perbankan, Bupati/Walikota, serta pelaku UMKM di Babel dan Ketua Kamar Dagang Provinsi Kep. Babel.

ICBS dijelaskan Hermawan Kertajaya selaku pendiri, merupakan satu lembaga non profit yang dibentuk oleh PBB yang memiliki visi dan misi melakukan pembinaan dan pengembangan bisnis kecil dan menengah.

"Lembaga ICBS itu bukan LSM atau lembaga profit namun suatu organisasi non profit dimana visi kami membantu pemerintah dalam menyusun kebijakan strategis khususnya untuk pengembangan UMKM,"ungkap Hermawan Kertajaya.

Ditambahkan Hermawan Kertajaya dengan adanya perwakilan lembaga ICBS di Babel sebagai perwakilan ICBS pusat yang membantu pengembangan dan memberikan pendampingan bagi pelaku bisnis khususnya pelaku UMKM untuk membuat suatu produk atau jasa lebih menarik terhadap suatu pangsa pasar tertentu dan pendampingan bisnis UMKM untuk masuk pangsa pasar ekspor.

"ICBS memberi pendampingan bisnis bagi UMKM bagaimana membuat diferensiasi produk UMKM dengan tetap mempertahankan nilai autentik dari produk itu, dan kedua sebagaimana arahan Menteri UMKM, ICBS memberikan pendampingan bagi pelaku usaha UMKM agar produk hasil UMKM untuk masuk pada pangsa pasar ekspor, adapun fokus ekspor produk UMKM diantaranya mencakup produk-produk UMKM yang berbahan dasar dari komoditi lokal kemudian diolah dan diekspor; kedua yakni ekspor terhadap produk-produk UMKM yang berbahan dasar dari import namun diolah dan diproduksi menjadi barang jadi oleh pelaku UMKM ; ketiga fokus pada memberikan pendampingan bisnis dalam sektor usaha pariwisata tutur Hermawan Kertajaya.

Pada acara pengukuhan tersebut, juga turut diserahkan secara simbolis sejumlah bantuan dan sertifikat kepada para pelaku UMKM Babel. Acara pun dilanjutkan dengan pembekalan dan diskusi mengenai strategi pengembangan UMKM dan pariwisata oleh Hermawan Kertajaya yang dipandu oleh Kadis Pariwisata Provinsi Kep. Babel.

Sumber: Dinas Kominfo Babel

Tidak ada komentar: