Disabilitas Mental Tidak Hilang Hak Pilih Pemilu 2019 - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru

Live Streaming

Rabu, Januari 30, 2019

Disabilitas Mental Tidak Hilang Hak Pilih Pemilu 2019

PANGKALPINANG, INRADIOFM.COM  - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan ( DPTHP ) tahap II Pemilu 2019, berjumlah 135,368 mata pilih di Kota Pangkalpinang.

Dari keseluruhan jumlah mata pilih tersebut terdapat pemilih yang berkebutuhan khusus ( Disabilitas ), yaitu : 83 orangTuna Daksa, 28 orang Tuna Netra, 48 orang Tuna Rungu, 55 orang Tuna Grahita, dan 70 orang disabilitas lainya.

Terkait dengan berkembangnya informasi ditengah masyarakat bahwa orang gila ( Tuna Grahita ) dapat menentukan hal mata pilih pada pemilu 17 April 2019 mendatang, ditanggapi Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Pangkalpinang Penti Pendon, bahwa gangguan jiwa atau disabilitas mental berdasarkan keputusan MK Nomor 135 Tahun 2015, gangguan jiwa dapat dibedakan atas permanen, non permanen dan sedang, ringan dan  berat.

" Tidak seperti dibayangkan masyarakat, para Disabilitas mental ditangkap dijalan, melainkan melalui proses sangat ketat bahwa mereka sudah sembuh atau sedang dalam proses rawat jalan," jelasnya kepada Inradio saat acara ' Cerudk ', Rabu (16/01/2019).

Dalam melakukan pendataan, KPU bekerja sesuai dengan aturan tahapan tugas dan kewajiban, dimana ada tiga tahapan proses dilakukan KPU dalam melakukan pendataan, pertama dari rumah ke rumah, kemudian menerima informasi secara lansung dari masyarakat, serta ketiga meminta data Penghuni Sosial, Lapas, Rutan.

Sebagai Informasi, gambar peserta kontestasi pada kertas pemilihan atau pencoblosan yang memiliki gambar terdapat hanya pada pemilihan Paslon Presiden dan Dewan Perwakilan Daerah ( DPD ) sedangkan untuk DPRD Kota / Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI tidak terdapat gambar melainkan hanya nama saja yang tertera pada kertas pemilihan. (erwin).

Tidak ada komentar: