Sumber Informasi Terpercaya

Full width home advertisement

Live Streaming

PANGKALPINANG

HUMASPRO

BELTIM

BANGKA

BELITUNG

BANGKA TENGAH

BANGKA BARAT

Post Page Advertisement [Top]

Foto: Sonia Fergina Citra, Puteri Indonesia 2018 Asal Bangka Belitung
PANGKALPINANG, INRADIOFM.COMDalam waktu dekat, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) akan menyelenggarakan Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Tahun 2019 pada awal Februari mendatang. Untuk itu, Bidang Sumber Daya Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kelembagaan Kepariwisataan, Disbudpar Babel mengadakan Rapat Persiapan dengan mengundang para calon juri dan perwakilan event organizer (EO), di Ruang Rapat Disbudpar Babel, Air Itam, Pangkalpinang, Kamis, (17/1/2019).

Rapat dipimpin oleh Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kelembagaan Kepariwisataan, Darnis Rachmiyati, didampingi Kepala Seksi Kelembagaan Kepariwisataan, Azwina. Beberapa hal yang dibahas dalam rapat, mencakup tentang tempat dan jadwal final pelaksanaan kegiatan, jadwal kegiatan selama masa karantina, penilaian juri, mekanisme penilaian secara keseluruhan, dan lain sebagainya.

Sonia Fergina Citra, Puteri Indonesia 2018 yang berasal dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi sosok yang menginspirasi dan memotivasi generasi muda untuk berlomba-lomba dalam hal yang positif, sesuai dengan kemampuan dan bidangnya masing-masing. Untuk itu, Disbudpar Babel juga berupaya keras mempersiapkan agar kegiatan PPI tahun ini dapat berjalan lancar, sukses, dan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Kepala Seksi Kelembagaan Kepariwisataan, Azwina mengatakan bahwa PPI menjadi salah satu perhatian bagi masyarkat Indonesia. Untuk itu Bangka Belitung berupaya untuk menyaring para calon Puteri Indonesa Bangka Belitung yang mumpuni.

"Puteri Indonesia adalah salah satu ambasador dari pariwisata Indonesia yang selalu menjadi perhatian masyarakat bahkan dunia. Seperti Sonia Fergina Citra, Puteri Indonesia 2018 yang berasal dari Bangka Belitung. Kita akan berupaya untuk mencari yang terbaik," kata Azwina.

Perwakilan EO yang ditunjuk Yayasan Puteri Indonesia (YPI), Kartika mengatakan bahwa tahun ini PPI akan mengangkat tema Melayu, dengan salah satu kekhasan Bangka Belitung yakni sahang.

"Tema PPI Bangka Belitung tahun ini adalah Melayu. Untuk pakaian adat di tingkat nasional nanti akan ada unsur sahangnya," kata Kartika atau yang biasa dipanggil Kaka.

Terkait tema yang diangkat, Kaka menjelaskan bahwa hal ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan keberadaan sahang.

"Selain pakaian adatnya kita masukkan unsur sahang, nanti kita juga akan menceritakan filosofinya seperti apa. Tidak banyak provinsi di Indonesia yang mengetahui bahwa sahang berasal dari Bangka Belitung," jelasnya.

Sementara Sudjono Adie sebagai salah satu calon juri PPI Babel 2019 bidang bahasa Inggris, berharap agar para finalis memiliki pengetahuan kepariwisataan yang mumpuni.

"Saya harap para finalis dapat meningkatkan pengetahuannya terkait bidang pariwisata. Kalau bisa, mereka benar-benar menguasai informasi kepariwisataan hingga yang paling update," harap Sudjono.

Harry Wahyudi, calon juri PPI Babel bidang Psikologi juga berharap agar petunjuk teknis ajang ini harus terarah dan menghasilkan Puteri Indonesia yang memenuhi 3 unsur, yakni brain, beauty, dan behaviour.

"Saya harap dalam PPI ini dibuatkan petunjuk teknis yang terarah, karena ajang ini bukan sembarang ajang atau ajang asal-asalan, melainkan ajang yang sangat bergengsi dengan Puteri- puteri Indonesia terbaik dengan brain, beauty, dan behaviour," harap Harry.

Untuk itu Kepala Bidang SDP, Ekraf, dan Kelembagaan Kepariwisataan Disbudpar Babel, Darnis Rachmiyati menjelaskan bahwa semua pihak yang terlibat dalam ajang PPI harus bersinergi untuk mendapatkan Puteri Indonesia terbaik.

"Kita semua akan bersama-sama berupaya agar keseluruhan proses kegiatan ini dapat berjalan lancar, sukses, dengan hasil sesuai harapan kita semua," kata Darnis.

Darnis juga berharap bahwa Bangka Belitung dapat kembali meraih Puteri Indonesia 2019 kelak.
"Mudah-mudahan Puteri Indonesia Bangka Belitung 2019 nanti dapat kembali menggaungkan nama daerah tercinta kita di kancah nasional dan internasional," harapnya.

Penulis: Ernawati Arif
Sumber: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kep. Bangka Belitung

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]