Genpi Babel Ajak "Ngopdar" Stakeholders Pariwisata, Bahas Optimalisasi Objek Wisata Baru - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru

Live Streaming

Kamis, Januari 31, 2019

Genpi Babel Ajak "Ngopdar" Stakeholders Pariwisata, Bahas Optimalisasi Objek Wisata Baru

PANGKALPINANG, INRADIOFM.COM - Komunitas pariwisata yang diayomi Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan acara Kopi Darat GenPI Babel, pada hari ini, Kamis, (31/1/2019), di Rumah Mahligai Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Acara ini merupakan media diskusi antara stakeholders pariwisata dengan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, yang pada hari ini diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Syahrudin. Juga hadir pada acara ini, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Riva'i dan Iman Taufik, Ketua GenPI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sebagai komunitas yang berfokus pada promosi pariwisata, GenPI babel ingin berdiskusi dengan para stakeholders pariwisata, dalam rangka pembangunan dan optimalisasi destinasi wisata baru yang mendorong potensi, kearifan, dan budaya lokal dengan mengedepankan pertumbuhan ekonomi lokal dan berbasis digital. 

Syahrudin mengatakan bahwa pariwisata harus lebih spesifik. Kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung harus mengusung potensi pariwisata unggulan yang berbeda dengan karakter yang kuat, di setiap daerahnya. Dengan demikian akan menciptakan kesempatan waktu menjelajah lebih lama bagi para wisatawan.

Jika Pulau Belitung sangat dikenal dengan alamnya, terutama pantainya, kabupaten/kota lain harus menggali kekhasan tersendiri yang juga tidak ditemukan di daerah lainnya. Dengan demikian, untuk menjelajah itu semua, wisatawan akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi untuk stay di Bangka Belitung atau dengan kata lain memperpanjang length of stay wisatawan. Dengan waktu stay yang lebih lama, maka harapannya akan ada keuntungan lebih banyak juga bagi masyarakat Bangka Belitung.

Senada hal tersebut, Rivai juga mengatakan bahwa GenPI dalam menjalankan tugas dan perannya harus melibatkan stakeholders pariwisata lainnya. Agar promosi pariwisata Bangka Belitung dapat digencarkan dengan maksimal, dan setiap stakeholder pun dapat menjalankan peran dan fungsinya dengan baik. Disamping itu, beliau juga menjelaskan 4 (empat) hal penting saat membicarakan pariwisata, antara lain destinasi, cara memasarkan destinasi pariwisata tersebut, kesiapan sumber daya manusia serta kelembagaan terkait, dan industry pendukung pariwisata lainnya.

Promosi pariwisata, terutama di media sosial dapat mempengaruhi minat wisatawan dalam hal ketertarikannya terhadap pariwisata Bangka Belitung. Pentingnya hal tersebut, Iman Taufik selaku Ketua genPI Babel berharap acara kopi darat ini dapat menciptakan sinergitas positif yang kuat untuk untuk membangun dan mengoptimalkan destinasi pariwisata yang ada di Bangka Belitung.

Acara ini dihadiri ±100 peserta yang berasal dari instansi pemerintah dan juga stakeholders pariwisata. (Erna)


Penulis : Ernawati Arif 
Sumber : Disbudpar Pemprov Babel

Tidak ada komentar: