Pemberantasan Sarang Nyamuk Berkala Kurangi Resiko DBD - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru

Live Streaming

Rabu, Januari 30, 2019

Pemberantasan Sarang Nyamuk Berkala Kurangi Resiko DBD

PANGKALPINANG, INRADIOFM.COM  - Pengelola Program Demam Berdarah Dengue (DBD) Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Saifullah mengutarakan pencegahan yang paling efektif untuk mengatasi menularnya  penyakit DBD di tengah masyarakat adalah dengan cara menghilangkan jentik nyamuk dilingkungan sekitar.

Hal ini disampaikan Saefullah saat berdiskusi langsung bersama awak Inradio melalui sambungan telepon pada program ' Cerudk ', Rabu (16/01/2019).

" Paling utama adalah menjaga jangan sampai berkembang biaknya jentik nyamuk dengan cara membersihkan bak penampungan bak mandi secara berkala untuk mengurangi resiko, apalagi saat ini memasuki musim penghujan," jelas nya.

Kemudian, membersihkan kaleng- kaleng bekas, ban bekas, tempat yang dapat menampung air untuk dapat dibersihkan sehinga tidak menjadi tempat bersarangnya nyamuk karena jika hanya mengandalkan pengasapan ( fogging ) yang mati nyamuk dewasa saja, telurnya tidak mati dan terbang menyebarkan virus penyakit.

Adapun apabila ada satu keluarga kita terkena Virus DBD agar jangan memberikan obat yang mengandung Ibufropen, aspirin karena dapat memperparah keadaan, akan tetapi berikan obat yang mengandung Parasetamol, Jus buah, minum air yang  cukup dan segera bawah ke dokter.

" Panas demam tinggi selama 2 sampai 7 hari, trombosit turun, nyeri kepala, bintik di kulit, ngilu otot, nafsu makan berkurang, susah buang air, merupakan gejala penyakit DBD," terang Saefullah.

Kemudian, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk tahun 2018 lalu, warga yang terkena DBD sebanyak 600 orang dan mengakibatkan 2 orang meninggal dunia, karenanya untuk mengurangi semakin meningkatnya DBD di Bangka Belitung untuk dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat agar menjaga lingkungan sekitar karena mencegah lebih baik daripada mengobati. ( erwin  ).

Tidak ada komentar: