Live Streaming

Post Page Advertisement [Top]

PANGKALPINANG, INRADIOFM.COM - Penggunaan obat  - obatan yang dijual secara bebas tanpa ada pengawasan dari pihak terkait berdampak negatif bagi kesehatan organ tubuh manusia.

Obat - obatan yang dijual secara bebas di masyarakat telah dilakukan penelitian secara ilmiah dengan menggunakan hasil kajian ilmiah dan terinformasi dengan jelas dalam kemasan obat, maka penggunaan obat yang tidak sesuai akan memberikan efek samping yang tidak diinginkan bagi kesehatan.

Hal ini diutarakan Kepala BPOM Pangkalpinang, Hermanto kepada awak media Inradio saat berlansung acara 'Cerudik ", Selasa (22/01/2019).

" Penggunaan obat yang tidak untuk diperuntukan akan mengakibatkan gangguan fungsi hati, ginjal sehingga dapat memperparah keadaan, bukan menjadi sehat," katanya

Kemudian, ketergantungan penggunaan
obat dalam jangka waktu panjang haruslah terlebih dahulu berkonsultasi kepada dokter, bisa cocok karena kondisi badan berbeda, dikarenakan antibodi dalam setiap tubuh manusia berbeda.

Penyalahgunaan obat di tengah  masyarakat, khususnya anak remaja sekarang yang kurang memahami bahkan dilakukan karena faktor kesengajaan untuk mendapatkan halunisasi sehingga  tejadi overdosis obat serta terjadinya  depresi pernafasan yang dapat membuat kematian.

Upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat dan pihak distributor  dilakukan BPOM bersama dinas terkait dalam rangka mengevaluasi peredaran obat dengan melakukan pembinaan dan peringatan keras

" Sosilisasi dilakukan, Instruksi Gubernur tahun 2017 pada bulan oktober terkait dengan penertiban atas penyaluran dan penjualan obat yang masuk golongan obat bebas terbatas diseluruh tokoh, retail, swalayan, bersama dinas terkait dengan pembinaan dan peringatan," jelasnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap kepada orang tua untuk dapat  memberikan bimbingan kepada anak - anak dan orang di sekitar kita agar menumbuhkan kesadaran dan pengertian kepada mereka betapa kesehatan itu teramat penting. ( erwin  )

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]