Sumber Informasi Terpercaya

Full width home advertisement

Live Streaming

PANGKALPINANG

HUMASPRO

BELTIM

BANGKA

BELITUNG

BANGKA TENGAH

BANGKA BARAT

Post Page Advertisement [Top]

Manggar, Beltim, INRADIOFM.COMAnggaran Pembangunan Jalan Kabupaten Belitung Timur tahun 2019 ini ditetapkan mencapai Rp 40.315.301.750. Jumlah ini berkurang Rp 4.242.019.710 dari anggaran tahun 2018 lalu yang mencapai Rp 44.557.321.460.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Beltim, Idwan Fikri menyatakan, tahun 2019 ini akan melelang 10 paket pembangunan jalan, dengan total volume mencapai 30 kilometer. Jumlah paket kegiatan juga ikut berkurang dari tahun lalu yang mencapai 15 paket.

"Memang tahun ini kita ada penurunan anggaran dan paket fisik peningkatan jalan. Tahun 2018 lalu kita mampu membangun volume jalan baru dan peningkatan jalan sepanjang 38,7 kilometer," kata Idwan saat ditemui di ruang kerjanya, Jum'at (24/2/2019).

Berkurangnya volume jalan pada tahun 2019 ini lantaran, pembangunan jalan akan difokuskan kepada pelebaran jalan, yakni dari 4,5 meter menjadi 5,5 meter dengan lebar badan jalan mencapai 7 meter. Selain itu, ketebalan (overlay) jalan juga akan mengalami penambahan.

"Tahun ini proyek pelebaran jalan akan lebih besar dari tahun sebelumnya dengan ketebalan yang lebih baik. Kualitas jalan akan lebih baik dan lebih tahan lama," ujar Idwan.

Idwan mengemukakan jika mayoritas anggaran pembangunan jalan yakni sebesar Rp 26 milyar berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK), baik DAK Penugasan maupun DAK Reguler. Sisanya yakni kurang lebih Rp 14 milyar dari APBD Kabupaten Beltim.

"Kalau dari dulu memang anggaran pembangunan jalan dari APBD memang tidak pernah banyak. Jujur saja yang kita anggarkan pada Musrenbang mencapai Rp 100 milyar. Kita masih beruntung bisa dapat tambahan dari DAK Penugasan, biasanya hanya DAK Reguler," ungkapnya.

Untuk itulah prioritas pembangunan jalan Kabupaten akan diutamakan pada jalan penunjang ke arah lokasi wisata. Hal ini mengingat kebijakan anggaran pemerintah pusat dari DAK Penugasan yang mewajibkan pembangunan untuk program amenitas pariwisata.

"Makanya pembangunannya di tahun ini masih akan melanjutkan yang tahun lalu dan juga penambahan di ruas Sungai Padang – Cendil untuk menunjang lingkar KEK Tanjung Kelayang. Terus juga untuk kegiatan pariwisata seperti Buang Jong di Gantung dan Pantai Punai Simpang Pesak," terang Idwan. (@2!_HK)

Sumber: Diskominfo Beltim

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]