Dinkes Babel : "Pergaulan Remaja Kita Rentan Terkena Penyakit Raja Singa" - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru

Live Streaming

Minggu, Februari 10, 2019

Dinkes Babel : "Pergaulan Remaja Kita Rentan Terkena Penyakit Raja Singa"

PANGKALPINANG, INRADIOFM.COM - Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menemukan hal cukup mengejutkan tentang adanya remaja di Bangka Belitung yang ditengarai terkena penyakit kelamin sifilis (Raja Singa) di akibatkan pergaulan bebas saat melakukan konseling kebeberapa sekolah menengah atas dan kampus beberapa waktu yang lalu.

"Kebanyakan mereka yang konseling ke kita, rata - rata anak SMA dan di dominasi pelajar cowok. Dan yang paling sering ditanyakan oleh mereka terkait penyakit kelamin seperti Sifilis, kayak GO," kata Leli selaku pengelola program HIV Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Mungkin dia sudah ngerasa ada tanda - tanda, kita arahin kelayanan kita di puskesmas. Jadi biasanya, mereka lah yang akan periksa ke sana," tambah Leli.

Saat disinggung apa penyebab utama remaja di Babel beresiko terkena penyakit Infeksi Seksual Menular (IMS). Ia mengatakan salah satunya akibat dampak pergaulan bebas yang cukup marak dikalangan remaja saat ini.

"Dia pergaulan bebas, dia seks bebas dengan pacarnya, ada juga sering jajan seks, padahal masih usia SMA," ungkap Leli saat di wawancarai oleh tim Cerudik In Radio, senin malam (4/2/2019).

"Kalo konseling dengan sesama jenis, kita pernah tapi anak kuliah. Sejak dari SMA sudah mulai suka dengan sesama jenis, dari ceritanya dia waktu itu," tambah Leli.

Leli yang juga aktif memberikan penyuluhan terkait HIV / AIDS ke sekolah - sekolah dan kampus di Babel ini, sangat menekankan adanya perhatian khusus para remaja tentang pergaulan bebas setelah sadar dampaknya seperti sekarang ini.

"Kalo teman - teman memang ada keluhan seperti ada gejala IMS atau HIV, bisa berobat mulai dari sekarang sebelum terlambat," pesannya mengakhiri. (AB)

Tidak ada komentar: