Kembangkan Budaya Daerah Tanpa Menghilangkan Budaya Lama Bangka Belitung - INRADIOFM.COM

Berita Terbaru

Live Streaming

Selasa, Februari 05, 2019

Kembangkan Budaya Daerah Tanpa Menghilangkan Budaya Lama Bangka Belitung

Sungailiat,BANGKA, INRADIOFM.COM - Unik dan menjadi magnet tersendiri bagi pengunjung Festival Harmoni Imlek 2570 yang di memadati tempat acara di Kelenteng Amal Bakhti, Jalan Laut Sungailiat dengan adanya penampilan Oriental Art Fashion yang menampilkan tiga maha karya seni perancang Internasional dari Desainer ternama Fransiscus Antonius, putra daerah kelahiran Bangka Belitung, Senin (4/2/2019).

Tiga hasil karya yang menampilkan keragaman dan keindahan yang memadukan budaya nusantara dengan daerah keunikan khasanah Bangka Belitung, seperti Burung Holly, Naga, serta Burung Enggang  yang berkonsep warna biru melambangkan keragaman hayati  alam laut di Provinsi  Babel.

" Saya menampilkan dua budaya berbeda dikarenakan Bangka Belitung, menurut saya banyak akan budaya, diantaranya unsur Kalimantan, sedangkan untuk bahan kurang lebih 70%, saya manfaatkan daur ulang," katanya.

Dijelaskan dirinya, bahwa hasil karya yang ia ditampilkan pada malam hari ini telah mengikuti berbagai kejuaraan nasional di Jakarta dan Internasional, satu diantaranya di Philipina pada bulan januari serta berhasil meraih peringkat Top Tri, dan dirinya juga ikut kontes Putri Indonesia 2018.

Kemudian, sebagai masyarakat Bangka Belitung kita harus memperkenalkan budaya kita ke tingkat nasional bahkan dunia internasional, Bangka Belitung banyak memiliki potensi, terutama karena budaya Bangka Belitung memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan.

" Kita harus membangun dan mencintai budaya dengan mengembangkannya tanpa menghilangkan budaya yang telah ada," terang Antonius Fransiscus.

Lebih lanjut, Fransiscus Antonius sampaikan, masyarakat Bangka Belitung sebenarnya memiliki potensi untuk berkarya di dunia desainer, namun mungkin saat ini mereka masih enggan atau belum dapat menuangkan ide kreatifnya, oleh karena itu, saat ini dirinya telah melakukan dan  pelatihan dengan cara melakukan workshop di sekolah - sekolah sehingga kedepan diharapkan akan melahirkan desainer handal yang dapat melestarikan budaya Bangka Belitung di kancah Internasional. (Erwin).

Tidak ada komentar: