Sumber Informasi Terpercaya

Full width home advertisement

Live Streaming

PANGKALPINANG

HUMASPRO

BELTIM

BANGKA

BELITUNG

BANGKA TENGAH

BANGKA BARAT

Post Page Advertisement [Top]

Pangkalan Baru, BANGKA TENGAH, INRADIOFM.COM – Sejumlah 169 desa di 40 kecamatan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tahun 2019 menerima bantuan keuangan dengan jumlah 169 Miliar rupiah. Hal ini disampaikan pada acara kegiatan pelaksanaan Asistensi dan Pembinaan Peningkatan PADES dan Lain-lain Pendapatan Desa, di Hotel Soll Marina, hari Selasa (26/2/2019) kemarin.

Pemberian bantuan ini diberikan kepada kabupaten Bangka di 33 desa pada 8 kecamatan. Kabupaten Belitung diberikan kepada 19 desa di 5 kecamatan. Pada kabupaten Bangka Selatan diberikan kepada 29 desa di 8 kecamatan. Pada kabupaten Bangka Tengah diberikan kepada 46 desa di 6 kecamatan. Pada Kabupaten Bangka Barat diberikan kepada 17 desa di 6 kecamatan, dan Kabupaten Belitung Timur sebanyak 25 desa di 7 kecamatan.

Dalam sambutannya, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Yulizar Adnan menjelaskan bahwa ada berbagai sumber pendapatan asli desa, seperti hasil usaha, hasil aset, sumber daya dan partisipasi gotong royong dan lain lain. Kemudian alokasi dari APBN, pajak dan retribusi daerah. Kemudian ada alokasi dana desa yang merupakan dana perimbangan kabupaten kota, bantuan keuangan dari APBD provinsi dan kabupaten/kota, hibah dan sumbangan yang tidak mengikat dari pihak ketiga, juga Lain-lain pendapatan yang sah.

Selanjutnya Ia mengatakan bahwa salah satu upaya peningkatan pendapatan asli desa dari hasil usaha pemprov tahun 2018-2019 yaitu dengan memberikan bantuan keuangan kepada pemerintahan desa juga untuk peruntukan Bumdes.

"Rincian alokasi yang diberikan untuk Bidang pemerintahan 10% yaitu insentif aparatur desa 5%, pembelian laptop 5%. Penyertaan modal untuk Bumdes 90% yaitu untuk pembelian sembilan bahan pokok sebesar 60% dan pembangunan 30%," tukas Yulizar. (Khalimo)

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]