Live Streaming

Post Page Advertisement [Top]

Sungailiat, BANGKA, INRADIOFM.COM - Karakter pekerja keras harus melekat pada mahasiswa, agar saat memasuki dunia kerja yang kompetitif, akan menjadi pekerja yang siap pakai, karena telah dibekali dengan keterampilan - keterampilan untuk menunjang pekerjaaan. Para mahasiswa harus memiliki karakter yang tangguh untuk memenangkan persaingan.

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua I Bidang Akademi dan Riset Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (Stisipol) Pahlawan 12 Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Shulby Yozar Ariadhy ketika ditemui, Kamis (28/2/2019) di Kampus Stisipol Pahlawan 12 di Sungailiat. 

"Kerja keras adalah jalan bagi masa depan kita, terutama para mahasiswa kita, harus punya prinsip siap dipakai ketika memasuki dunia kerja nanti," harap Yozar panggilan akrabnya. 

Lebih jauh Yozar yang juga lulusan dari Universitas Antwerp Belgia ini mengatakan, sekarang ini ada empat hal yang harus ditingkatkan pada mahasiswa sekarang ini terutama mahasiswa yang mengambil jurusan ilmu komunikasi, yakni memperkuat karakter, tingkatkan kompetensi dan tingkatkan kreatifitas. Selain itu lanjut Yozar, mahasiswa juga harus berorganisasi untuk membangun jaringan. 

"Perlu dipelajari soft skills yang biasa dilakukan di dunia kerja, seperti cara melakukan presentasi, berbicara di depan publik atau public speaking, cara melakukan wawancara atau interview kerja, dan lain sebagainya untuk mendukung keberadaan dan eksistensi diri ketika memasuki dunia kerja," jelas Yozar. 

Dikatakan Yozar kembali, salah satu kunci dalam mendorong kesiapan mahasiswa tersebut adalah dengan menyusun sistem kurikulum yang siap dengan kebutuhan dunia kerja. Sayangnya banyak perguruan tinggi yang belum mampu merespon kondisi dimaksud.

"Hasil studi banding kita ke beberapa lembaga pendidikan dan universitas, mereka telah banyak menerapkan kurikulum yang berbasis dunia kerja, sehingga ketika mahasiswa telah lulus atau sedang magang pun bisa langsung kerja dan tidak butuh waktu yang terlalu lama untuk menyesuaikan diri," katanya lagi. 

Wakil Ketua I Bidang Akademik dan Riset Stisipol Pahlawan 12 Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menambahkan lagi, dirinya berharap Stisipol Pahlawan 12 dalam waktu dekat ini bisa menerapkan sistem dan kurikulum yang tepat dan lebih baik kepada mahasiswa sehingga lulusan Stisipol Pahlawan 12 ketika sudah lulus nanti siap kerja dan bisa diterima di dunia kerja. 

"Tahun 2019 ini Tim Revisi Kurikulum STISIPOL Pahlawan 12 sedang bekerja keras untuk menyusun kurikulum terbaik bagi proses pembelajaran di kampus kami. Revisi kurikulum ini juga akan mendapatkan masukan dari alumni, praktisi atau pakar serta pemangku kepentingan lain yang terkait.," tutup Yozar. (LA_HK

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]