Sumber Informasi Terpercaya

Full width home advertisement

Live Streaming

PANGKALPINANG

HUMASPRO

BELTIM

BANGKA

BELITUNG

BANGKA TENGAH

BANGKA BARAT

Post Page Advertisement [Top]

PANGKALPINANG, INRADIOFM.COM - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel), menyelenggarakan kegiatan Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Pariwisata Dalam Pembangunan Kepariwisataan Bangka Belitung, dengan tema Sinergitas Untuk Implementasi Pembentukan Kabupaten/Kota Kreatif, pada Rabu, di Hotel Bangka City, Pangkalpinang, Rabu (20/3/2019).

Peserta forum berjumlah 35 (tiga puluh lima) orang peserta, yang berasal dari instansi pemerintah, BUMN, Pokdarwis, dan asosiasi kepariwisataan yang ada di Bangka Belitung.

Acara secara resmi dibuka oleh Kepala Disbudpar Babel, Rivai didampingi Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kelembagaan Pariwisata, Darnis Rachmiyati. Dalam sambutannya, Rivai memotivasi para peserta agar meningkatkan kreativitas dalam rangka pembentukan Kabupaten/Kota Kreatif.

"Setiap Kabupaten/Kota memiliki banyak potensi pariwisata yang unik. Potensi ini harus digali dan dikreasikan agar dapat memberikan manfaat lebih bagi Kabupaten/Kota itu sendiri. Kabupaten/Kota kreatif dapat terwujud jika pengembangan kreativitasnya dilakukan dengan optimal," katanya.

Rivai juga mengatakan, pembentukan Kabupaten/Kota Kreatif dapat menjadi wadah kreativitas terhadap keragaman budaya dan kekhasan yang ada.

"Pembentukan kota kreatif ini tidak hanya akan membangun suatu jejaring ekonomi kreatif yang semakin besar, tapi juga menjadi wadah berkreativitas dengan berbagai keunikan dan potensi kita yang khas," katanya.

Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kelembagaan Pariwisata, Disbudpar Babel, Darnis Rachmiyati  menyampaikan, tiga poin yang menjadi tujuan akhir dari pembangunan Kabupaten/Kota Kreatif.

"Ada 3 poin yang menjadi tujuan akhir dari pembangunan kabupaten/kota kreatif, yakni Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), ekspor, dan tenaga kerja," kata Darnis.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Seksi Ekonomi Kreatif, Doni Golput mengatakan, untuk mewujudkan Kabupaten/Kota Kreatif dibutuhkan sinergi dari seluruh pihak terkait.

"Untuk mewujudkan kabupaten/kota kreatif, semua pihak terkait harus saling bersinergi. Saling mendukung satu sama lain. Sehingga upaya dari pembangunan kabupaten/kota kreatif ini benar-benar dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat di kabupaten/kota itu sendiri atau pun yang saling berkaitan," kata Doni.

Berkaitan denga tema yang diangkat, Disbudpar Babel kembali menghadirkan seorang narsumber dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia, yakni Slamet Aji Pamungkas, Kasubdit Pengembangan Kota Kreatif.

Adapun materi yang dipaparkan oleh narasumber, yakni tentang Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) dan Kawasan Ekonomi Kreatif Melalui PMK3I. 

Sama seperti dua forum sebelumnya, diakhir kegiatan diadakan penandatangan kesepakatan Sinergitas Untuk Implementasi Pembentukan Kabupaten/Kota Kreatif yang ditandatangani oleh utusan setiap perwakilan peserta. (Ernawati Arif_HK)

Sumber: Disbudpar Babel
E-mail penulis: ernawatiarif.ph@gmail.com

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]