Sumber Informasi Terpercaya

Full width home advertisement

Live Streaming

PANGKALPINANG

HUMASPRO

BANGKA

BELITUNG

BELTIM

BANGKA TENGAH

BANGKA BARAT

BANGKA SELATAN

Post Page Advertisement [Top]

PANGKALPINANG, INRADIOFM.COM - Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang juga Ketua Dekranasda, Melati Erzaldi menjadi narasumber pada Kegiatan Pengembangan Kapasitas Usaha Pembukaan Klasterisasi Usaha Perdagangan dan Kuliner di Hotel Sahid, Pangkalpinang, Rabu (13/3/2019).

Kegiatan dengan Tema "Siasat Cerdas Perizinan Jelas Usaha Naik Kelas" yang diselenggarakan oleh PT. Permodalan Nasional Madani (Persero), Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang jasa keuangan ini, juga menghadirkan narasumber Kepala Dinas UMKM dan Koperasi Babel, Elfiyena, Divisi PKU PT.PNM Persero Pusat, Agustian Ramdani, Ketua PLUT Babel, Ferdinan Handrata, dihadiri Kepala PT. PNM Persero Cabang Bangka Belitung, Danil E.Silitonga dan diikuti 80 pelaku UMKM Se Babel.

Pada Materinya, Ketua TP PKK Babel Melati Erzaldi memaparkan Peranan dan Sumbangsih Pemerintah dalam Pengembangan Usaha IKM dan UKM di Babel.

Dikatakan Melati, Produk IKM dan UKM Babel memiliki Potensi dan Peluang untuk dikembangkan, karena produk Babel ini, memiliki Karya Seni yang tinggi (untuk kriya) dan cita rasa yang khas (untuk makanan). Selain itu, Pasar yang sangat menjanjikan, Bahan baku berasal dari daerah sendiri, dan Ikonik.

Namun disamping itu, ada beberapa kendala yang dihadapi oleh para pelaku usaha, antara lain Kemasan produk yang masih sederhana, belum memiliki perizinan, pembukuan dan pemasaran yang masih konvensional, permodalan terbatas dan kurangnya diversifikasi produk.

Mengatasi hal itu, dan juga untuk Pemberdayaan UMKM serta menaikkan kelas UMKM, Pemerintah mempunyai beberapa program antara lain mempermudah dan fasilitasi perijinan, bantuan modal, serta pendampingan.

Dengan demikian diharapkan UMKM ini, dapat Naik Kelas, sehingga akan mempengaruhi omzet dan produksi yang akan semakin bertambah, cakupan pemasaran meluas, dan mutu akan semakin meningkat.

Sementara itu, Kepala Dinas UMKM dan Koperasi Babel, Elfiyena, mewakili Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini, menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada PT. PNM yang telah memfasilitasi pertemuan para pelaku usaha ini.

Pihaknya berharap, PT. PNM dengan segala programnya yang membantu permodalan para pelaku Usaha IKM dan UKM, dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan Program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, guna menaikkan kelas Usaha para pelaku UMKM.

Elfiyena juga mengingatkan pentingnya perizinan bagi para pelaku usaha, karena hal itu merupakan legalitas dari setiap produk yang dihasilkan. Para pelaku usaha yang memang saat ini, belum mempunyai perizinan, kata dia, meminta untuk segera mendaftarkan ke Dinas Koperasi dan UMKM Babel tanpa dipungut biaya.

Usai menjadi narasumber pada Kegiatan Pengembangan Kapasitas Usaha Pembukaan Klasterisasi Usaha Perdagangan dan Kuliner di Hotel Sahid, Ketua TP PKK Babel Melati Erzaldi bersama Kepala Dinas UMKM dan Koperasi Babel, Elfiyena melanjutkan kegiatannya di BKPSDMD Babel, membuka Pelatihan Kewirausahaan yang diikuti 120 peserta dari Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) binaan BKKBN Perwakilan Babel dan Pegawai Harian Lepas (PHL) di Lingkungan Pemprov Babel. (Lulus)

Sumber: HumasPro

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]