Sumber Informasi Terpercaya

Full width home advertisement

Live Streaming

PANGKALPINANG

HUMASPRO

BELTIM

BANGKA

BELITUNG

BANGKA TENGAH

BANGKA BARAT

Post Page Advertisement [Top]

PANGKALPINANG, INRADIOFM.COM - Masyarakat diingatkan agar berhati-hati terhadap dampak buruk kemajuan dan perkembangan teknologi. Pasalnya tak sedikit pelaku kejahatan memanfaatkan teknologi seperti jejaring media sosial untuk melancarkan aksi penipuan.

Tertuang dalam edaran Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UMKM RI menyebutkan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berdampak maraknya penipuan. Aksi penipuan ini mengatasnamakan koperasi.

Penipuan dilancar melalui media sosial dan SMS, maka dengan ini ditegaskan untuk mewaspadai agar tidak terjebak dengan berbagai modus penipuan tersebut. Dinas terkait disarankan melakukan pers conference, edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat.

Semua itu terkait investasi illegal, pinjaman online mengatasnamakan koperasi secara berkelanjutan. Pihak koperasi hendaknya dapat melakukan upaya preventif untuk meminimalisir dampak dari penipuan secara online.

Caranya, membentuk Cyber Army (menghimpun data dan informasi penyalahgunaan nama koperasi) di internal koperasi. Menginstruksikan kepala dinas yang membidangi koperasi agar menghimpun data seluruh koperasi yang menjadi korban.

Data koperasi yang menjadi korban penyalahgunaan nama, hendaknya dilengkapi dengan surat pengaduan kepada kepolisian (apabila sudah dilaporkan) untuk ditindaklanjuti oleh Bareskrim Polri.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sudarman, menekankan agar masyarakat berhati-hati. Aksi penipuan menggunakan teknologi dan jejaring sosial banyak terjadi, jangan menjadi korban berikutnya.

"Sebelum berinvestasi sebaiknya masyarakat mencari tahu mengenai lembaga tempat berinvestasi. Data dan informasi dapat diperoleh dari dinas terkait. Jika investasi di bidang koperasi, maka bisa ditanyakan ke dinas koperasi setempat," sarannya. (Huzari)

Sumber: Dinas Kominfo

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]