Live Streaming

Post Page Advertisement [Top]

PANGKALPINANG, INRADIOFM.COM - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan kegiatan Wisata Kuliner 2019, di Tins House, Pangkalpinang, Sabtu, 27 April 2019.

Kegiatan ini berupa lomba memasak dan menyajikan makanan khas Bangka Belitung atau kreasinya. Penilaian tidak hanya terletak pada cita rasa, tapi juga pada cara pengolahan dan penyajian masakan. Disamping itu, penjelasan akan masakan yang disajikan juga dapat menjadi nilai tambah tersendiri.

7 tim peserta berasal dari kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Setiap tim disediakan tempat memasak dan penyajian masing-masing, serta beberapa keperluan memasak lainnya. 

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Toni Batu Bara mengatakan, bahwa kegiatan Wisata Kuliner diharapkan dapat menggali potensi kuliner Bangka Belitung yang iconic.

"Kuliner di Bangka Belitung ini sangatlah kaya. Kita bisa mengkreasikan kuliner kita menjadi suatu kuliner yang iconic, yang kata orang belumlah ke Bangka Belitung, kalau belum beli kuliner itu," kata Toni.

Toni juga mengatakan, agar kreasi kuliner tidak menghilangkan kekhasan daerah.

"Dalam mengkreasikan kuliner, hendaknya kita tidak menghilangkan ciri khas atau kearifan lokal daerah kita. Hal ini akan menambah keunikan tersendiri yang membedakannya dengan kuliner daerah lain," katanya.

Menurutnya, kuliner merupakan hal yang sangat penting dalam pembangunan pariwisata.

"Kuliner sangat penting dalam pembangunan pariwisata. Tanpa kuliner, pariwisata jadi hambar. Kemana-mana yang dicari wisatawan, ya kulinernya," ujarnya.
Sementara itu, Asisten Deputi Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antar Lembaga, Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kepariwisataan, Kementerian Pariwisata, Oneng Setyaharini mengatakan, bahwa kuliner memiliki peran sangat penting dalam kepariwisataan.

"45 persen pengeluaran wisatawan adalah untuk kuliner. Jelas bahwa peran kuliner khas sangat berperan dalam kepariwisataan daerah," kata Oneng yang hadir dalam kegiatan ini.

Oneng juga mengatakan, bahwa cita rasa dan penampilan sangat penting dalam kuliner.

"Tidak hanya kualitas rasa, tapi juga penyajian. Sehingga, wisatawan tertarik untuk membelinya," katanya lagi.

Setiap tim akan menyiapkan sajiannya dalam waktu kurang lebih 2,5 jam. Sajian lengkap dimulai dengan makanan pembuka, utama, dan penutup. 

Usai menyajikan, para juri akan mengunjungi setiap meja saji tim, mencicipi, dan menilai masakan yang ada. Setelah menilai, para juri akan memberikan hasil rekapitulasi penilaian dan memgumumkannya.

Para pemenang Wisata Kuliner 2019, antara lain:

Juara 1: Tim 1, Kab. Bangka 
Juara 2: Tim 4, Kab. Bangka Barat 
Juara 3: Tim 7, Babel 1 
Juara 4: Tim 2, Pangkalpinang 2
Juara 5: Tim 1, Pangkalpinang 1 

Para pemenang mendapatkan hadiah uang, piala, dan bingkisan. (Ernawati Arif)

Foto: Syahrial dan Rafiq Elzan

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]