Live Streaming

Post Page Advertisement [Top]

PANGKALPINANG, INRADIOFM.COMAudisi Gita Bahana Nusantara (GBN) Tahun 2019 tingkat provinsi, telah digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel), di Hotel Bangka City Pangkalpinang, 29-30 April 2019.

Sebanyak 43 orang peserta dari Kabupaten/Kota di Babel yang notabenenya pelajar dan mahasiswa ini, berlomba-lomba menunjukkan talenta bernyanyinya di hadapan para juri, agar dapat terpilih mewakili provinsi Kepulauan Bangka Belitung di tingkat Nasional, yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tiap merayakan HUT Kemerdekaan RI.

Kepala Disbudpar Babel, Rivai, didampingi Kepala Seksi Kesenian, Saifuddin Zuhri, yang membuka kegiatan audisi ini mengatakan, ada 3 hal yang membuat hidup manusia berjalan seimbang. Yang pertama, iman dan ketakwaan. Yang kedua, ilmu dalam berkehidupan, dan ketiga adalah seni. 

"Seni merupakan salah satu potensi generasi muda. Dan Gita Bahana Nusantara atau GBN merupakan sebuah wadah bagi generasi muda untuk menyalurkan potensinya. Yang terpenting juga adalah GBN menjadi wadah yang menyatukan berbagai perbedaan di Indonesia," jelasnya.

Sementara Ketua Dewan Juri, Edy Rama selaku juri pusat mengaku, sebagian besar peserta masih terkendala pada pembacaan notasi balok, dan berharap pihak sekolah maupun pihak Kabupaten/Kota, agar dapat lebih mempersiapkan anak didiknya sebelum mengikuti audisi.

"Kalau karakter suaranya sih sudah bagus, tapi dari sejumlah daerah di Indonesia, problem-nya masih sama, yakni masih banyak yang gagal pada pembacaan not balok. Saya berharap pihak kabupaten/kota dapat benar-benar mempersiapkan anak didiknya jauh-jauh hari sebelum ikut audisi, seperti memberikan pelatihan khusus yang intensif. Baik teknis dan juga mental, harus dilatih dengan baik untuk siap mengikuti audisi," paparnya.

Setelah melalui persaingan yang cukup ketat, akhirnya juri menetapkan nama-nama peserta menjadi yang terbaik, pada empat jenis suara yaitu tenor, sopran, bass, dan alto.

Peserta yang terpilih sebagai juara 1 Audisi GBN tingkat provinsi 2019, yaitu Fransisca Meiliani asal Pangkalpinang, untuk jenis suara alto, Nur Fahmi Fardila asal Belitung Timur, untuk jenis suara sopran, Suwanto asal Bangka Tengah, untuk jenis suara bass, dan Sebastian Cahyo M asal Pangkalpinang, untuk jenis suara bass. Selanjutnya, sebagai Juara 2, yaitu Laila Nurjana asal Bangka Tengah, jenis suara sopran, Dedy Setiawan asal Pangkalpinang, jenis suara bass, Gregorius Seto A asal Belitung, jenis suara tenor, Felia Karunia asal Belitung Timur, jenis suara alto. Sedangkan yang menyabet Juara 3 audisi GBN 2019, yaitu David Ivan Lie asal Bangka Tengah, jenis suara tenor, Dinda Safitri asal Bangka Tengah, jenis suara sopran, Sintara asal Bangka Selatan, jenis suara sopran, serta Ferdy Anugerah asal Belitung Timur, untuk jenis suara bass.

Para pemenang selanjutnya akan mengikuti pemusatan latihan selama 19 hari, mulai tanggal 1 sampai dengan 19 Agustus 2019 mendatang. Mereka akan tampil pada acara kenegaraan di Gedung MPR/DPR RI pada 16 Agustus 2019, dan pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, pada 17 Agustus 2019 di Istana Negara. (Ernawati Arif_HK)

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]