Live Streaming

Post Page Advertisement [Top]

PANGKALPINANG, INRADIOFM.COM - Sebagai provinsi  kepulauan, adalah sangat penting pelaksanaan pendataan yang valid tentang identifikasi terhadap para pelaku usaha bidang kelautan dan perikanan, oleh karena itu Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bangka Belitung menggelar kegiatan Sosialisasi Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (KUSUKA) tingkat  provinsi yang dilaksanakan di Bangka City Hotel, Pangkalpinang, Kamis (11/4/2019).

Didukung oleh semua pihak, baik itu pemerintah provinsi, kabupaten / kota maupun pihak BNI selaku penerbit KARTU KUSUKA, diharapkan acara ini berdampak positif dan memberi berkah bagi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten II Bidang Perekonomian Sekretariat Daerah , Yanuar SH, MH, Perwakilan dari PUSDATIN Kementerian Kelautan dan Perikanan RI selaku Kasubid Pengolahan Data dan Statistik, Rennisca Ray Damanti, Perwakilan dari Bank BNI Cabang Pangkalpinang, April Simanjuntak serta validator KUSUKA tingkat Kabupaten/Kota serta para pelaku usaha Kelautan dan Perikanan.

Asisten II Bidang Perekonomian Sekretariat Daerah, Yanuar mengungkapkan, dengan diterbitkan kartu KUSUKA ini  dimaksudkan untuk memberikan perlindungan dan pemberdayaan pelaku usaha, percepatan pelayanan, peningkatan kesejahteraan serta menciptakan efektivitas dan efisiensi program Pemerintah dan pendataan agar pendataan kepada pelaku usaha menjadi tepat sasaran.

"Dengan terbitnya Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No 39/2017 sebagai landasan hukum pelaksanaan kegiatan kartu KUSUKA baik di pusat maupun di daerah, maka kartu-kartu yang sebelumnya sudah pernah diterbitkan oleh KKP seperti Kartu Nelayan, Kartu Pembudidaya Ikan, dan Kartu BKIPM disatukan di dalam satu sistem kartu terintegrasi, yaitu Kartu KUSUKA", lanjut Yanuar.

Sementara itu, April Simanjuntak selaku pemimpin Bidang Pemasaran Bisnis Bank BNI Cabang Pangkalpinang  mengatakan dalam kaitannya dengan pelaku usaha kelautan dan perikanan, selain berupa KUSUKA, dukungan yang dapat diberikan adalah secara  bersama menciptakan ekosistem layanan transaksi dilingkungan para pengguna Kartu KUSUKA melalui pembentukan Agen 46 bagi toko/koperasi yang dapat melayani tidak hanya kebutuhan para pelaku usaha kelautan perikanan dalam mengembangkan usahanya seperti pakan, benih, peralatan dan sebagainya, tetapi juga sebagai point of contact bagi pengguna KUSUKA dalam melaksanakan transaksi perbankan.

"Sebagai Bank BUMN yang mengembang fungsi sebagai agent of development, kami siap untuk berkoordinasi lebih lanjut untuk implementasi program ini secara lebih luas di Provinsi Bangka Belitung.

Semoga dengan adanya program KUSUKA ini, BNI dapat membantu dan mendukung Program Kementerian Kelautan dan Perikanan khususnya di Provinsi Bangka Belitung dalam melayani para pelaku usaha dengan lebih baik, "imbuhnya. (Reni Pebrianti,Pranata Humas DKP

Sumber: Dinas Kominfo

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]