Sumber Informasi Terpercaya

Full width home advertisement

Live Streaming

PANGKALPINANG

HUMASPRO

BELTIM

BANGKA

BELITUNG

BANGKA TENGAH

BANGKA BARAT

Post Page Advertisement [Top]

PANGKALPINANG, INRADIOFM.COM - Korwil International Council for Small Business (ICSB) Babel Melati Erzaldi menginginkan UMKM dan start up agar dapat fokus pada empat hal yaitu peningkatan profesionalisme, produktivitas, kreativitas dan entrepreunership. Selain itu pengembangan UMKM juga harus mampu meningkatkan aspek manusia dan berdampak positif pada lingkungan.

"UMKM dan start up agar dapat fokus pada peningkatan profesionalisme, produktivitas, kreativitas dan entrepreunership. Selain itu juga harus menjalankan prinsip human entrepreneurship dalam mengembangkan usahanya sehingga berdampak positif pada lingkungannya," ucapnya saat membuka peringatan hari UMKM Internasional 2019 di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur, Kamis (27/6/2019).

Hari UMKM Internasional 2019 di Provinsi  Kep Babel mengusung tema 'SDM Baru dari UMKM Millenial Siap Menghadapi Perang Dagang'. Peringatan Hari UMKM dipusatkan di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur dan dihadiri ribuan peserta.

Melati Erzaldi mengatakan bahwa peringatan Hari UMKM Internasional merupakan bukti nyata bahwa keberadaan UMKM mendapatkan perhatian dunia.

"Peringatan ini jadi momentum untuk meningkatkan daya saing, berfikir kreatif, dan memiliki jiwa wirausaha yang tinggi sebagai pelaku usaha kecil di daerah itu," katanya.

Hj Melati menyebutkan keberadaan UMKM sudah diakui dunia. Dan berdasarkan data Kemenkop, UMKM memberikan konstribusi sebesar 60, 34 % terhadap PDB Nasional dan memperluas lapangan kerja bagi jutaan tenaga kerja.

"UMKM mampu menggerakan ekonomi masyarakat. Karena UMKM mampu berperan sebagai stabilitator ekonomi dalam menghadapi ancaman krisis ekonomi global," sebutnya.

Diakuinya, memang tidak mudah untuk mengembangkan usaha karena ada kendala seperti terbatasnya akses UMKM kepada sumber daya produktif. Kendala seperti permodalan dan pangsa pasar akan menjadi tantangan bagi UMKM.

"Terlebih lagi teknologi berkembang secara cepat sehngga perkembangan dunia usahapun bergerak semakin cepat," ujarnya.

Melihat hal tersebut, pemerintah beserta ICSB perlu memberikan solusi pangembangan UMKM. Menurutnya, diperlukan kebijakan yang tepat dan cepat melalui perencanaan program dan kegiatan serta mendorong sinergitas lintas sektor serta lembaga untuk dapat membantu UMKM.

"Sinergitas kebijakan dan program pemerintah dan berbagai lembaga diperlukan guna mendorong percepatan pengembangan UMKM dan start up di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," katanya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Babel, Hj Elfiyena mengatakan kegiatan ini baru pertama kali diadakan dan ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Di Babel, ada berbagai kegiatan dihadirkan pada Hari UMKM Internasional ini, seperti lomba stand up comedy, lomba foto, dan bisnis plan, sosialisasi tentang ICSB Babel Academy terkait beasiswa luar negeri.

"Hari kita libatkan pelaku UMKM, pelajar, dan mahasiswa. Terlaksananya ini berkat kerjasama Pemprov dengan ICSB Korwil Babel, dan beberapa perusahaan," katanya.

Ia menjelaskan, dalam momentum hari UMKM ini, dilaunching ICSB Babel Academy. Dimana, melalui program ini pemerintah dan ICSB ingin menciptakan duta dan agen pemasaran produk UMKM Babel di berbagai negara.

"Kita harap ada 100 orang yang memperoleh beasiswa ini dan menjadi duta UMKM kita. Dan untuk mendapatkan beasiswa ini, peserta dapat mendaftarkan diri di www.schoters.com/umkm-babel," jelasnya.

Hj Elfiyena berharap momentum Hari UMKM ini dapat menjadi pendorong semangat semua pihak untuk meningkatkan kualitas UMKM. Selain itu, sinergi antara pemerintah, ICSB dan berbagai pihak lain semakin baik.

"Semoga kedepan semakin banyak UMKM Babel yang naik kelas. Dan dengan adanya ICSB Babel ini pemberdayaan UMKM semakin baik," ujarnya.

Pada peringatan Hari UMKM Internasional ini juga dilakukan penandatanganan MoU antara Pemerintah Provinsi Kep Bangka Belitung dan ICSB Babel tentang Pengembangan UMKM di Provinsi Kep Bangka Belitung.

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]