Sumber Informasi Terpercaya

Full width home advertisement

Live Streaming

PANGKALPINANG

HUMASPRO

BELTIM

BANGKA

BELITUNG

BANGKA TENGAH

BANGKA BARAT

Post Page Advertisement [Top]

PANGKALPINANG, INRADIOFM.COM - Gubernur Babel, Erzaldi Rosman pimpin rapat pembahasan daerah kewenangan irigasi Provinsi dan Kabupaten bersama Kepala Dinas Pertanian Provinsi Babel dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Bangka Tengah dan Bangka Selatan di Ruang Rapat Gubernur Babel, Kamis (4/7/2019).

Dalam rapat, secara paralel masing-masing Kepala Dinas membahas masalah peningkatan hasil komoditi beras di Babel. Secara teknis dibahas bersama terkait rencana pengembangan hingga kendala yang dihadapi tiap-tiap daerah. Hal ini mengingat selama ini jumlah sawah yang tercetak dibandingkan dengan hasil perhektar belum menunjukkan hasil yang baik.

Selain itu, dibahas juga kendala yang dihadapi seperti, sawah-sawah yang belum dapat digarap secara baik karena masih banyak areal yang tergenang air, irigasi yang buruk dan bendungan yang belum ada.

Diakui Gubernur Babel bahwa, sawah-sawah yang selama ini dicetak belum mengarah pada sawah yang baik yang semestinya ada.

"Ini butuh waktu setidaknya 6 hingga 8 tahun kedepan untuk menjadikan lahan ini produktif", ungkapnya.

"Akan tetapi bukan berarti selama masa tanam ini kita tidak melakukan sesuatu", tambahnya.
Kegiatan-kegiatan dalam rangka membantu petani secara selektif terus dilakukan, walaupun kendala lain juga ditemui seperti petani yang tidak bersemangat atas bantuan.

"Sebab rapat hari ini dilaksanakan juga untuk membicarakan bagaimana agar cetakan sawah yang ada bisa dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat," jelas Gubernur Babel.

Selain masalah irigasi, dalam rapat ini juga dibahas tentang rencana sistem corporasi untuk memanage pertanian padi di Babel. Corporasi ini disiapkan untuk membantu para petani mulai dari perencanaan hingga pemasaran berasnya dengan sistem-sistem yang lebih modern, sehingga hasil yang diperoleh petani lebih baik dan petani lebih terfokus pada penanaman dan perawatan tanaman padinya.

"Targetnya agar Babel mendapat sertifikasi IMO atas penghasil beras organik, baik beras putih maupun beras hitam", ungkapnya.

Pemerintah Provinsi sendiri, sesuai kewenangannya mengejar pembangunan irigasi yang baik untuk lahan persawahan yang telah disiapkan oleh tiap kabupaten.

"DED lahan yang sudah siap tiap kabupaten, segera disiapkan untuk pembangunan tahun 2020", tegasnya pada tim yang hadir dalam rapat.

Ditemui usai menutup rapat, Gubernur Erzaldi mengatakan, bahwa sistem yang dilakukan Pemerintah Provinsi adalah melaksanakan kewenangan Provinsi dalam pembangunan irigasi di tiap daerah kabupaten agar pengairan selalu stabil baik di musim kemarau maupun di musim penghujan.

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]