Live Streaming

Post Page Advertisement [Top]

Kota Kapur, BANGKA, INRADIOFM.COM - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, mengapresiasi Kota Kapur, Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka, diwujudkan sebagai Desa Cagar Budaya, karena memiliki situs sejarah berupa Prasasti Kota Kapur. Selain itu, keberadaan desa ini dinilai strategis, yang menjadi sentra penghasil buah duku dan durian.

Di sela-sela kunjungan kerjanya dalam rangka Safari Jum'at, di Masjid Fathurrahman, Jum'at (30/8/2019), Gubernur menyampaikan berbagai kebijakan Pemprov Babel kepada masyarakat. Sekaligus melakukan tanya jawab terhadap pelbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Menurutnya, keunikan prasasti Kota Kapur dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Dengan begitu, warga diharapkan mampu membentuk semacam lembaga, atau komunitas, untuk peduli dalam mengelola dan mengembangkan Kota Kapur sebagai kawasan wisata cagar budaya.

Selain itu, Gubernur juga berjanji akan membangun jembatan gantung yang menghubungkan Kota Kapur dengan Labuh Air Pandan.

Seperti yang diketahui, Kota Kapur memiliki situs yang berada di dataran yang menghadap langsung ke selat Bangka, terkenal dengan sebutan Prasasti Kota Kapur. Prasasti ini bertarikh tahun 608 Saka, atau tahun 686 Masehi, yang ditemukan oleh warga berkebangsaan Belanda, Van Der Meulen pada tahun 1892. (HK)

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]