Sumber Informasi Terpercaya

Full width home advertisement

Live Streaming

PANGKALPINANG

HUMASPRO

BELTIM

BANGKA

BELITUNG

BANGKA TENGAH

BANGKA BARAT

Post Page Advertisement [Top]

Manggar, BELTIM, INRADIOFM.COM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Belitung Timur menargetkan seluruh anak di bawah usia 17 tahun akan memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) pada tahun 2020.

Hingga Juli 2019 lalu, jumlah kepemilikian KIA di Kabupaten Beltim sudah mencapai 17.278 orang atau 48,45 persen dari total seluruh anak yakni 35.662 orang.

Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Puji Lestari seizin Kepala Disdukcapil Kabupaten Beltim mengatakan untuk mengejar target pihaknya terus melakukan sosialisasi dan pelayanan khusus pembuatan KIA ke sekolah-sekolah melalui KIA On School. Tujuannya untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pemenuhan Hak Konstitusional anak dalam mewujudkan hak terbaik bagi anak.

"Kita akan terus mengejar target pemenuhan hak anak dalam kepemilikan dokumen kependudukan. Salah satunya melalui kegiatan KIA On School, atau turun melakukan pencetakan langsung yang baru kita laksanakan di Agustus 2019 ini," ungkap Puji saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (8/8/2019).
Puji yang juga merupakan inisiator layanan KIA On School itu mengatakan hampir setiap hari petugas Didukcapil Beltim jemput bola ke dua SD dan dua SMP di setiap kecamatan. Sambutan dari pihak sekolah dan siswa pun sangat menggembirakan.

"Mereka sangat antusias, makanya kita targetkan September 2019 nanti sudah 60 persen. Insyallah kita optimis tahun 2020 mendatang target 100 persen dapat dicapai," kata Puji.        

Terpisah, Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk, Bayu Putra Anggara menambahkan meski capaian kepemilikian masih di bawah 50 persen namun untuk Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung capain kepemilikan KIA masih yang tertinggi.

"Kita akui walau jumlah capaian masih kurang memuaskan kita masih yang tertinggi se Kabupaten/Kota di Babel ini. Tentu saja layanan akan terus kita tingkatkan," ujar Bayu.

Selain dengan layanan jemput bola ke sekolah-sekolah, Disdukcapil Beltim juga mendatangi tempat-tempat keramaian yang ada di Kabupaten Beltim. Salah satunya ke pusat perbelanjaan dan bazar.

"Kita juga ada kios KIA di pusat keramaian, kayak di Asoka atau Puncak. Kalau kendala di lapangan paling di mesin cetak yang cepat panas," tutup Bayu. (@2!_HK)

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]