Live Streaming

Post Page Advertisement [Top]

Manggar, BELTIM, INRADIOFM.COM – Kurang maksimalnya pengelolaan situs web milik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Belitung Timur (Beltim), membuat Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), berinisiatif menggelar pelatihan pembuatan dan pengelolaan situs web bagi pegawai di lingkungan Pemkab Beltim.

Pelatihan digelar selama tiga hari, sejak Senin, 26 Agustus hingga Rabu, 28 Agustus 2019. Sebanyak 34 orang mengikuti pelatihan yang berlangsung di Ruang Rapat Diskominfo Beltim tersebut.

Kepala Diskominfo Beltim, Hartoyo melalui Kepala Bidang E-Government, Royan Gusriadie mengatakan, dari seluruh OPD yang ada di Pemkab Beltim itu, baru dua OPD yang aktif mengelola situs web, yakni Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

"Kalau seluruh OPD sudah memiliki alamat situs web, cuman banyak yang tidak aktif. Dalam artian tidak pernah mengup-date isi websitenya, cuman ada struktur organisasi, visi misi sama tupoksi OPD," kata Royan, Selasa (27/9/19).

Royan menilai, kurang aktifnya OPD dalam mengelola situs web, lebih kepada kurang pahamnya pengelola situs di tiap OPD, untuk membuat isi atau konten webnya. Padahal, menurutnya banyak informasi dari OPD yang dapat diunggah setiap harinya.

"Mereka masih bingung, belum tau mau upload apa. Makanya mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini mereka jadi lebih terbuka," harap Royan.

Untuk itu, ia berharap setelah pelatihan ini, Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Beltim, kedepannya akan dapat menggelar pelatihan untuk penulisan berita dan konten web.

"Biar ada kelanjutan, mereka juga harus diajarkan pembuatan rilis, video atau foto kegiatan OPD. Kewenangan konten sama isi itu di IKP, kita hanya di jaringan sama pembuatan situsnya," ujarnya.          

Selain menggelar pelatihan pembuatan dan pengelolaan situs web ini, sebelumnya Diskominfo Beltim juga telah menggelar pelatihan pemograman bagi pegawai OPD beberapa waktu yang lalu. (@2!_HK)

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]