Live Streaming

Post Page Advertisement [Top]

Desa Mengkubang, Manggar, BELTIM, INRADIOFM.COM - Kabupaten Belitung Timur (Beltim), menjadi tuan rumah kampanye diverfisikasi pangan, melalui Pergub no 30 tahun 2019. Sebagai implementasi dari kegiatan ini, keseriusan masyarakat Beltim ditunjukkan dengan keanekaragam tanaman yang tumbuh subur di pekarangan warga desa Mengkubang, Kecamatan Manggar.

Tiba di Desa Mengkubang, Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza beserta istri disambut Kepala Dinas Pangan Provinsi Babel, Ahmad Damiri, jajaran kepala OPD di lingkungan Pemkab Belitung Timur, serta Camat, Lurah, dan Kades setempat. Rombongan kemudian mengunjungi lokasi panen sayuran di pekarangan rumah warga.

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk dukungan pemerintah kabupaten maupun provinsi kepada masyarakat atas pentingnya konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

Rombongan juga mencicipi berbagai kreasi olahan pangan oleh Ibu-Ibu KWT Lestari Desa Mengkubang. Di tangan ibu-ibu kreatif ini, umbi-umbian seperti ubi dan singkong menjelma menjadi aneka penganan seperti kue, tekwan, empek-empek dan lain-lain.

"Budaya pangan kita di Bangka Belitung masih cukup rendah, untuk itu perlu bagi kita meningkatkan pola konsumsi masyarakat untuk mendapatkan generasi penerus yang berkualitas," ungkap Ahmad Damiri dalam sambutannya.

"Dan itu sebabnya pangan mendekati ibu-ibu. Mengapa? Itu karena ibu-ibu bertanggungjawab terhadap konsumsi rumah tangganya. Ibu-ibu harus menyediakan makan yang beragam. Ada sayur, ada buah, juga protein dengan jumlah yang seimbang," lanjut Damiri.

Kegiatan yang juga mengundang anak-anak dari SDN 1, SDN 2, dan SDN 3 Damar ini, menyediakan lunch box berisi makanan bernutrisi lengkap. Penyerahan lunch box dilakukan oleh Bupati, serta istri dan Kepala Dinas Pangan Provinsi Babel, sambil menyuapi salah satu murid SD.

Acara diramaikan dengan senam bedincak dari anak-anak SDN 1 Damar dan persembahan jingle P2KP dari ibu-ibu KWT Desa Mengkubang. Acara ditutup dengan pemberian doorprize kepada tamu undangan yang hadir dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar pangan. Serta penanaman bibit tanaman di demplot percontohan desa Mengkubang. (Dini)

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]