LIVE STREAMING

Post Page Advertisement [Top]

PANGKALPINANG, INRADIOFM.COM  - BUMD Provinsi Bangka Belitung (Babel) yakni, PT Bumi Bangka Belitung Sejahtera (BBBS), hari ini, Jumat (20/12/2019), telah resmi menjalin kerjasama dengan BUMD milik Pemkab Bangka Selatan (Basel), dan perusahaan pertanian yakni PT BPD.

Kerjasama dituangkan dalam penandatangan perjanjian kerjasama (PKS) oleh direktur BUMD PT Bumi Bangka Belitung Sejahtera (BBBS), dengan direktur BUMD Bangka Selatan, yakni PT. Bangun Bangka Selatan (BBS), dan direktur PT Bumi Pangan Digdaya (BPD).

Turut hadir menyaksikan penandatangan kerjasama siang itu, Sekretaris Daerah (Sekda), yang juga selaku Dewan Komisaris BUMD Pemerintah Provinsi Babel, Yulizar Adnan.

"Kerjasama dimaksudkan dalam rangka pemanfaatan pabrik pengolahan beras yang ada di batu betumpang bangka selatan untuk menghasilkan beras premium namanya beras berkah", ungkap Prof. Saparudin, Direktur BUMD Pemprov Babel PT Bumi Bangka Belitung Sejahtera (BBBS), usai penandatangan perjanjian.

Lebih jauh, Prof. Saparudin menjelaskan, bahwa utama dari kerjasama dengan BUMD milik Pemkab Basel  dan perusahaan bidang pertanian ini, adalah ditujukan untuk menaikkan Nilai Tukar Petani (NTP) di Bangka Belitung.

"Kerjasama ini ke depannya, dimaksudkan untuk mampu menaikkan tingkat harga beli terhadap gabah petani", tuturnya.

Upaya untuk menaikan NTP tersebut, dijelaskan Prof. Saparudin diwujudkan dengan menaikkan harga beli gabah dari petani yang akan dilakukan oleh BUMD.

"Diharapkan kedepannya, kerjasama ini mampu menaikan tingkat harga beli terhadap gabah petani, tadi sudah sepakati bersama akan membeli rata-rata harga gabah petani dengan nilai 20 persen diatas harga sekarang, sehingga petani lebih sejahtera, kemudian nilai tambah dari beras yang dihasilkan oleh petani lokal akan semakin meningkat ", ungkapnya.

Dengan tertampungnya beras hasil panen petani lokal dan NTP yang baik ditambahkan Prof. Saparudin  dapat menjadi satu stimulus bagi para petani dalam menjalnkan usaha petani sekaligus guna mewujudkan bangka belitung sebagai lumbung padi dan ketahanan pangan yakni swasembada beras.

Hal senada juga diungkapkan Sekda, Yulizar Adnan, yang menyampaikan apresiasinya atas dua perusahaan daerah tersebut, dalam membantu pemerintah daerah untujk meningkatkan NTP, khususnya terhadap harga gabah di petani.

"Di Bangka Selatan banyak potensi hasil pertanian, untuk itu kami (red: pemprov) harapkan kerja sama ini berjalan dengan baik dan menghasilkan keuntungan baik bagi petani maupun antar pihak yang menjalin kerja sama", tutur Sekda.  (STev_HArv

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]