LIVE STREAMING

Post Page Advertisement [Top]

Toboali, BANGKA SELATAN, INRADIOFM.COM - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) se- Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, lahirkan lima (5) kesepakatan awal dalam rapat desk 1, di hari kedua pelaksanaan Rakor Gubernur tahun 2020, yang berlangsung di Command Centre Diskominfo Kabupaten Bangka Selatan, Rabu (22/1/2020) kemarin.

Lima (5) kesepakatan awal tersebut adalah, menyediakan anggaran yang membidangi Kominfo sebesar minimal 2 persen dari total APBD Provinsi, Kabupaten/Kota, meningkatkan signal data internet di daerah blankspot untuk memenuhi layanan data, seperti rumah sakit, pendidikan, pariwisata dan Bumdes, lalu membangun aplikasi bersama antara Provinsi, dan Kabupaten/Kota, membentuk tim pembangunan aplikasi layanan pemerintah daerah, dan membentuk tim Computer Security Incident Response Team (CSIRT) di tingkat Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

Kepala Diskominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sudarman memaparkan, minimnya bandwidth/signal data internet, daerah blankspot di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih terdapat 64 titik. Untuk meningkatkan signal data internet di 64 titik tersebut diperlukan biaya yang besar. Oleh karena itu, dibutuhkan dukungan pembiayaan yang memadai pada Dinas Kominfo Provinsi, Kabupaten/Kota.

Selain itu dijelaskannya, Dinas Kominfo di era digital saat ini menghadapi tantangan tugas yang semakin berat, tidak hanya menyampaikan informasi kehumasan kepada masyarakat, namun juga pelaksanaan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE), Statistik Satu Data Indonesia, Keamanan jaringan/siber, Persandian, dan PPID.

Selanjutnya, lima (5) kesepakatan awal tersebut dipaparkan dalam Rapat Pleno Perangkat Daerah, dengan Pj. Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk dirumuskan oleh tim perumus dari Kominfo, Bappeda, dan Biro Pemerintahan Setda, sebelum dibawa ke rapat pimpinan untuk penajaman komitmen antara Provinsi, Kabupaten, dan Kota, maupun detil anggaran dan pelaksanaannya.

Tampak hadir mendampingi Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam rakor tersebut, yakni Sekretaris Dinas, Syam Ahmad Zamahsyari, Kabid E-Government, Rusdi, Kabid Pemberdayaan TIK, Statistik dan Persandian, Zaiyuni, dan sejumlah kasubbag dan staf. (HA_rel)

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]